Resume Kulwapp Talent Mapping dan Inner Child

RESUME KULWAPP TALENTS MAPPING BERSAMA ANGGIA CHRISANTI BATCH II

Grup 1

πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’πŸ’
πŸ“† Kamis, 15 Juni 2017
⌚10.00 – 12.00 WIB
πŸ‘±β€β™€Moderator : Mey Anza

Profil Narasumber :

βœ”Anggia Chrisanti, Ibu dari 1 anak perempuan (Sayyidah Athazya) 11 tahun Homeschooling
βœ” Psikolog Anak Kemensos RI
βœ” Professional Counsellor
βœ” Psychotherapist
βœ” Talents Mapping Practicioner
βœ” Founder #IndonesiaBermain: Learning & Development Center for Children with Home Education System
βœ” Writer “Pedoman Tumbuh Kembang Anak 0-72 bulan”

Materi :

Salaam

Ibu Hebat Sang Manajer Keluarga Handal

Setiap kita perempuan yang telah berstatus ibu, seharusnya sudah disertai kesiapan akan dua peran fungsi yaitu sebagai istri dan sebagai ibu.

Peran fungsi yang amanahnya dipertanggungjawabkan pada hari akhir nanti. Sebagai istri jelas peran dan fungsi kita antara lain adalah menjadi penghibur dan penyemangat (pendukung) dalam setiap langkah suami. Juga mendampingi dalam susah dan senangnya. Sebagai ibu yang memegang amanah sebagai guru pertama bagi setiap anak, peran dan fungsi kita adalah membersamai mereka sejak masa konsepsi sampai akhir hayat sesuai kebutuhan tumbuh kembang mereka. Peran fungsi yang (mungkin) bagi sebagian perempuan terasa ringan atau biasa saja dalam menjalaninya, namun sayangnya (lebih banyak) yang merasa ini menjadi tanggung jawab dan beban yang teramat berat.

Bukan Tidak Ingin, Bukan Tidak Ikhlas.

Pemahaman akan kedua peran fungsi ini seringnya overlapping dengan perasaan-perasaan negatif yang sering muncul, yang menyebabkan jadi kelepasan/lepas kendali (out of control) menjadi perasaan-perasaan negatif lainnya ditambah munculnya keluhan fisik dan perilaku yang menyertainya.

Akhir-akhir ini “booming” istilah Inner Child, sekilas memang nyata bahwa Inner Child ini sebegitu “berbahayanya” terhadap kehidupan kita saat ini bahkan di masa yang akan datang. Inner Child adalah salah satu faktor utama kita sulit mengenali diri kita sesungguhnya. Jangankan bicara tentang minat, bakat, potensi dan lain sebagainya, kenyataannya inner child ini membuat kita bahkan sulit mengenali kepribadian dan karakter diri sesungguhnya seperti apa.

Jika diibaratkan bercermin, ada yang berbentuk kucing namun melihat tampilan pada bayangan sebagai singa. Merasa superpower, penuh arogansi, kuat, tangguh, dan berani. Atau sebaliknya, singa yang justru melihat bayangannya sebagai kucing. Kecil, lucu, imut, namun tidak berdaya.

Ini bahaya! Jelas bahaya!

Bagaimana mungkin harapan dan cita-cita menjadi pendamping bagi suami dan anak dapat terwujud dengan baik, malah salah menilai. Salah persepsi, salah berharap, salah mendukung, salah mengarahkan, dan lain sebagainya. Akhirnya, paling mudahnya kecewa hampir selalu menemani hari-hari kita. merasa serba salah atau malah merasa serba disalahkan.

Yuk kenali diri kita dengan utuh. Jika itu telah kita lakukan, niscaya cita-cita mulia untuk menjadi istri dan ibu hebat sang manajer keluarga handal akan lebih mudah terealisasikan.

Hidup bahagia dan lebih bermakna.

Salaam
Anggia Darmawan

🎍🌷🎍🌷🎍🌷🎍🌷🎍🌷🎍🌷🎍
πŸ¦‹πŸŒ»πŸ¦‹πŸŒ»πŸ¦‹πŸŒ»πŸ¦‹πŸŒ»πŸ¦‹πŸŒ»πŸ¦‹πŸŒ»πŸ¦‹

Assalamualaikum semuanyaaaa…

Bismillah Tawakalltu billah, semoga hari ini kita bisa berbagi manfaat dan kebaikan yaaa β˜ΊπŸ™πŸ».

Karena akan ada 5 group kulwapp serentak, Inshaa Allah saya akan jawab melalui voice note.

Mohon maaf suaranya bindeng karena sedang flu, meskipun kalau ngga bindeng juga memang suaranya ngga bagus sih yaa πŸ˜‚πŸ˜‚.

Yuk sama-sama belajar yuk 😘

Tanya Jawab:

πŸ™‹πŸ» Arie/Bogor/grup 1.

Berdasarkan penjelasan pada kulwap 1, saya ingin sekali menemukan inner child saya. Kira-kira berapa biayanya jika dengan bantuan profesional? Bagaimana melakukan self healing?

πŸ”Š Β Β Β Sebetulnya menemukan inner child ini gampang-gampang susah, susah-susah gampang, hanya memang jika dibantu oleh ahli atau profesional itu tidak sekedar menemukan inner child tapi lebih dalam yaitu akar permasalahannya. Dan terus terang biaya untuk konsultasi dan terapi personal itu cukup mahal, karena saya bagian dari grup psikologi westaria itu terkena aturan kode etik yang salah satunya adalah biaya yang berlaku per area. Untuk wilayah Jabodetabek, biasanya di Jakarta dan tempat-tempat lain hitungannya per jam yaitu 500ribu – 600ribu. Untuk memudahkan kami menggunakan sistem sesi yaitu satu sesi itu 2-3 jam sebesar 750 ribu, untuk memudahkan lagi saya akan rutin mengadakan terapi inner child dlm bentuk grup tetapi dan itu lumayan meringankan karena untuk satu kali pertemuan hanya 150 ribu saja. Terima kasih… βœ…

🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝

πŸ™‹πŸ» Β Sri Miyanti/Bogor/grup 1

Apa penyebab terjadinya inner child? Bagaimana mencegah terjadinya inner child pada anak2 kita? Bagaimana cara mengatasi inner child yang sudah tertanam di dalam diri seseorang?

πŸ”Š Β  Semua pengalaman di masa lalu itu otomatis menjadi inner child. Hanya mana yang jadi masalah adalah apakah masa lalu itu menyenangkan atau tidak menyenangkan. Bagaimana mencegahnya, ya tidak mungkin dicegah karena apa yang sudah dialami anak akan selama kehidupannya sebagai anak maka otomatis itu menjadi inner child-nya, tinggal mana lebih banyak inner child yang negatif atau yang positif. Cara mengatasi inner child yang tertanam, maksudnya inner child yang negatif ya tentu ini harus dihabiskan dan ini hanya bisa dilakukan oleh professional healing. Terima kasih mba….βœ…

🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝

πŸ™‹πŸ» Rimas/Bogor/grup1

Bagaimana cara mengetahui inner child kita? Dan bagaimana menyiasati inner child yg tidak sesuai? Langkah apa saja yang harus ditempuh?

Terima kasihπŸ™

πŸ”Š Β Β Β Β Cara mengetahui inner child kita, sebetulnya kalau mau gampangnya bisa googling banyak saran yang sudah membahas inner child. Tapi hanya mengetahuinya saja tidak akan cukup karena ketika sudah mengetahui tentu kita mesti menghabiskannya mesti menyelesaikannya dan ini hanya bisa dilakukan oleh terapi inner child atau self healing. Inner child yang tidak sesuai tidak bisa disiasati, semua pengalaman buruk di masa lalu atau yang disebut inner child negatif ini mesti dihabiskan dituntaskan sehingga tidak berbekas lagi. Langkah apa yang harus ditempuh, salah satunya bisa googling, hubungi psikolog atau terapis lain yang bisa mengatasi inner child ini. Atau kalau mau nanti bisa japri saja juga ya. Makasihβ€¦βœ…

🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝

πŸ™‹πŸ» Sari/Bogor/grup 1

1. Apakah kekerasan seksual itu termasuk Inner Child?
2. Bagaimana caranya menghilangkan inner child akibat masa kecil yang jauh dari orangtua. Jadi setelah dewasa maunya dekat sama orang tua terus.
Terima kasih

πŸ”Š Β Β Β Iya dong, kekerasan seksual itu termasuk inner child. Itu jelas-jelas traumatik, ya. Jangankan yang kayak gitu, hal-hal kecil yang kita anggap biasa saja terjadi dalam kehidupan kita sebelumnya ketika kita masih kecil itu amat sangat mungkin loh menjadi inner child. Dan jangan lupa inner child itu bukan cuma yang negatif tapi ada juga yang positif, hanya masalahnya yang tersimpan dalam alam bawah sadar dan mempengaruhi pola pikir, pola rasa, dan pola perilaku kita itu adalah inner child yang negatif. Bagaimana menghilangkan inner child yang negatif mau tidak mau harus dengan terapi inner child atau self healing, apa pun itu apapun itu memang sangat mungkin, dari pengalaman saya pribadi tidak ada yang bisa dilakukan selain melakukan terapi inner child sehingga memang betul-betul terbebas dari inner child terutama yang negatif. Terimakasihβ€¦βœ…

🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝

πŸ™‹πŸ» Vina/

Assalamualaikum Mba, dari kulwapp materi tentang inner child saya sering sekali mendapatkan ‘ilmu’ bahwa kita sulit sekali mengenali diri sendiri. Padahal menurut saya, saya sudah berada pada jurusan ilmu yang membuat saya bahagia… saya bisa mengerjakan suatu tugas yang saya tekuni tanpa tidur 2 hari berturut-turut karena saya menyenanginya.
Namun saya jadi bingung, apakah ini tanda bahwa saya mengenali diri saya atau bukan?

πŸ”Š Β Β Β Tidak semua orang yang seberuntung mba Vina, banyak loh orang-orang yang terutama pola asuh orang tuanya tidak dikenalkan mengenai potensi dan bakatnya dan bahkan tidak diberi kesempatan untuk melakukan hal-hal yang disenanginya. Kalau Mba tanyakan apakah sudah mengenali diri sendiri atau belum, sebetulnya dalam teori Talents Mapping itu ada 4E yaitu Enjoy, Easy, Excellence, Earn. Kalau Mba sudah merasakan menemukan aktivitas yang membuat Mba merasa enjoy, dugaan saya Mba Vina sudah mengenali diri mba sendiri. Selamat ya Mba…βœ…

🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝

πŸ™‹πŸ» Viensa/Bogor/Grup1

Bagaimana menyembuhkan inner child sampai hilang tak tersisa? Ciri-ciri spesifik mengalami inner child seperti apa?

πŸ”Š Β Β Β Β Sebetulnya semua pengalaman dalam kehidupan kita zaman dulu terutama zaman kita kecil ya, dan ini kecil itu bukan cuma sekedar ketika kita kanak-kanak loh tapi sejak masa dalam kandungan. Dan inner child ada yang positif ada yang negatif, artinya tidak perlu ciri-ciri spesifik karena semua orang ada inner child-nya. Hanya yang membedakan, beberapa orang banyak inner child positifnya, banyak inner child yang negatifnya. Inilah yang membahayakan ketika inner child negatif lebih banyak dan mendominasi inner child yang positifnya. Bagaimana menyembuhkannya agar tak bersisa, ada tekniknya nanti mba bisa japri ya Mba ya. Terima kasih…βœ…

🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝

πŸ™‹ Β Β Β Β Nina/Depok/grup1

Assalamu’alaikum….

1.Pertanyaan sama dengan mba Rimas…

2. Pada saat membersamai anak2 ada kalanya kita merasa bersalah/menyesal/merasa tidak mampu. Bagaimana caranya agar kita bisa tetap semangat untuk berusaha,atau apa yang harus kita lakukan terlebih dahulu pada saat rasa itu muncul?
Jazzakillah khoir

πŸ”Š Β Β Β Biasanya perasaan bersalah, menyesal, dan tidak mampu ini ada kaitannya sama inner child. Karena bila kita sudah terbebas dari inner child yang negatif, perasaan itu akan hilang. Karena salah satu yang menyebabkan gejala perasaan bersalah, menyesal dan tidak mampu jangan-jangan inner child yang negatif salah satunya adalah sering dianggap tidak mampu, sering dianggap underestimate, selalu dianggap salah. Bila inner child sudah muncul terjadilah mental block, apa pun teori parenting yang kita ketahui itu akhirnya gak ada saja, yang terjadi malah lepas kendali. Salah satunya kalaupun tidak bisa boleh marah, tidak dalam agresi kepada anak justru berbalik pada kita seperti Mba bilang tadi sering merasa bersalah, menyesal, dan tidak mampu. Gitu ya Mba ya… terima kasih….βœ…

🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝

πŸ™‹πŸ» Fridha

Mau tanya… Yg dinaksud inner child kurang lebih seperti apa ya mb? Maaf sy blm tau πŸ™πŸ™

πŸ”Š Β Β Β Β Intinya inner child itu adalah semua pengalaman yang dialami oleh setiap orang pada saat kecil. Dan kecil ini batasannya bukan pada masa kanak-kanak, tapi sejak masa dalam kandungan. Inner child ini kan ada dua ya, ada yang positif ada yang negatif. Inner child yg positif itu secara sadar pasti semua orang ingat dong. Nah inner child yang negatif yang menyakitkan, yang traumatik, semakin besar rasa sakit atau semakin dalam rasa tarumatiknya itu akan tersimpan di alam bawah sadar. Tapi jangan salah, inner child yang negatif ini merupakan sebuah energi, dan siap-siap saja bila sudah penuh suatu saat akan meledak. Dan kebanyakan memang sering meledak. Itulah mengapa seseorang dengan inner child negatif yang penuh itu terkenal dengan orang yang tidak menyenangkan, mudah marah, mudah lepas kendali ataupun sebaliknya terkenal dengan orang yang mudah sedih, mudah merasa malu, gak percaya diri dan lain-lainnya. mudah-mudahan bisa dipahami. Terima kasih….βœ…

🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝

πŸ™‹πŸ» Β Yana/Bekasi/Grup1

Apakah masalah inner child ortu mempengaruhi bonding dengan anak? Apakah ortu yang dekat dengan ortunya sudah pasti akan dekat dengan anaknya & sebaliknya? Penyakit fisik apa yang bisa disebabkan oleh masalah inner child?

πŸ”Š Β Β Β Β Iya dong inner child orangtua memengaruhi bonding dengan anak. Kalau ortu yang inner child negatifnya sudah beres otomatis positif kan berarti lebih tulus, anak-anak tanpa perlu teori parenting macam-macam akan lebih senang dekat dengan ortunya. Biasanya menerapkan aturan pada anak-anak lebih mudah. Ortu yang dekat dengan ortunya dugaannya inner child-nya positif ya. Biasanya ortu yang dulunya dekat dengan ortunya otomatis anak-anaknya juga dekat dengan ortunya.

Banyak banget penyakit fisik yang disebabkan oleh inner child. Bahkan menurut teori kesehatan medis 90% penyakit dari yang ringan sampai berat dari ujung kaki sampai kepala termasuk kanker itu dipengaruhi oleh inner child. Salah satu contohnya pengaruh kanker serviks adalah karena seorang perempuan punya masalah dengan figur ibunya…βœ…

🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝

πŸ™‹πŸ» Marie/IIPDepok/Grup1

Dari mana sebaiknya kita memulai untuk mengenal diri kita sendiri secara benar dan bagaimana caranya kita melakukan validasi atas hasilnya?

πŸ”Š Β Β  Bagaimana mengenal yang pertama bebaskan diri kita dahulu dari inner child yang negatif. Setelah itu biasanya secara otomatis kita bisa melihat oh potensi saya disini, oh hobi saya ini, oh passion saya disini. Tapi andai itu kurang boleh juga melakukan tes-tes potensi bakat. Ya memang lebih ok lagi akan lebih valid lagi kalau didampingi oleh konsultan atau ahli yang bisa menjelaskan karena kadang-kadang orang suka bingung untuk menggabungkan keseluruhan informasi dan hasil tes ini supaya saya tahu saya harus melakukan apa. Insya Allah kita coba buat dinamika tentang diri kita sampai kita tahu apa sih yang bagus atau yang paling potensial yang bisa kita lakukan, yang membuat kita Β nyaman, yang dilakukannya itu mudah, yang hasilnya itu luar biasa dan yang menghasilkan secara materi. Pasti pengen kan, makanya buruan daftar workshop-nya ya. Terima kasih Mba…βœ…

🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝

Penutup

Tiada kata selain ucapan terima kasih karena sudah antusias terlibat dan berpartisipasi.

Semoga yg telah kita lakukan ini menjadi awal perubahan positif pada diri kita.

Terima kasih juga pada panitia yang telah memfasilitasi dan kepada semua peserta yg sudah memberi kesempatan dan mau berbagi di sini.

Semoga bisa jumpa lagi kulwapp atau event yang lainnya yaa .

Mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan β˜ΊπŸ™πŸ»

Jazakumullah khairan katsiran, Barakallah 😍😘

FB : anggiachrisanti darmawan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s