How Much Do You Love Me?

Beberapa waktu yang lalu anak-anak memperoleh oleh-oleh dari saudara pengasuh mereka yang baru pulang dari Dubai. Isinya sepasang gelang bergaya simpel dengan hiasan berwarna keemasan. Iseng saya mengamati tulisan yang tertera di situ. Love Forever 520. Wah, apa artinya, ya?

Semula saya mengira bahwa angka 520 yang tercantum di situ maksudnya adalah kadar atau kandungan logam dalam hiasan gelang tersebut. Atau mungkin nama merek tertentu yang sudah konsisten mengeluarkan produk aksesoris. Namun, dugaan saya salah. Dengan bantuan Google, saya menemukan bahwa angka 520 ini berasal dari budaya China. Saya kutip dari sebuah situs:

When you pronounce the numbers 5. 2. 0 in Chinese, 五二零 wǔ èr líng, they sound very close to the words 我爱你 wǒ ài nǐ. See? They don’t sound exactly the same, but they sound quite similar, and that’s enough! The Chinese love plays on homophonic words and numbers with hidden meanings.
520 originally started as a slang word used by the Chinese online as a shortcut to say I love you in Chinese, like ILY in English. It then came to be associated with the date May 20th (5.20), which therefore became a very romantic day!

Rupanya angka 5-2-0 ketika diucapkan berbunyi wǔ èr líng, mirip dengan kata-kata wǒ ài nǐ alias I love you.

Ya, di kebudayaan China, memang kata-kata homofon sering diidentikkan sehingga bahkan menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan bagi hal-hal penting. Angka 4 misalnya, dibaca shi, pengucapannya mirip dengan kata yang berarti kematian. Pernah berkunjung ke sebuah gedung dan tidak menemukan lantai empat di tombol lift (seringkali digantikan dengan nomor lantai 3A)? Inilah alasannya.

Ungkapan cinta dengan angka juga kemudian populer lewat film Avengers: Endgame. Siapa yang tidak meleleh mendengar Tony dan putri kecilnya, Morgan Stark, saling berbalasan “I Love You 3000?” Ungkapan ini lantas kembali populer seiring dengan melejitnya lagu dari Stephanie Poetri dengan judul yang sama.

Awalnya, ada penggemar yang berspekulasi bahwa angka 3000 ini merujuk pada jumlah durasi 22 film Marvel Cinematic Universe, dari Iron Man yang tayang di tahun 2008 hingga nantinya akan ditutup dengan Spider-Man: Far From Home yang saat itu belum dirilis. Rajin banget menghitungnya, ya. Kata yang percaya teori ini, sih, kalau sampai Endgame, totalnya 2867 menit. Far From Home sempat diprediksi berdurasi 133 menit, atau ada juga yang menyebutkan 129 menit tapi bolehlah dibulatkan hingga akhirnya jadi angka cantik 3000.

Namun, penulis skenario Christopher Markus dan Stephen McFeely sudah menjawab bahwa ungkapan “I love you 3000” dalam Endgame ini adalah kalimat yang diusulkan oleh pemeran Tony Stark alias Iron Man, Robert Downey, Jr. berdasarkan apa yang biasa disebutkan oleh anak kandungnya. Aslinya, kalimat yang ditulis dalam skenario awal adalah “I love you tons.”

Masih soal cinta dan perhitungan, mungkin masih ada yang ingat hit dari Savage Garden To The Moon and Back. Banyaknya (jauhnya?) cinta digambarkan dengan jarak bolak-balik antara bumi dan bulan. Ternyata ungkapan ini awalnya muncul dari buku bergambar untuk anak-anak Guess How Much I Love You karya Sam McBratney yang terbit tahun 1988. Lengkapnya, “I love you right up to the moon – and back.Nah, seberapa banyak sebenarnya cinta yang dimaksud ini?

(sumber gambar: Pinterest)

Jarak bumi ke bulan ditambah dengan jarak bulan ke bumi kira-kira adalah 768.800 km. Cukupkah untuk menggambarkan besarnya rasa cinta kita? Ada tulisan menggelitik yang saya temukan yang membahas hal tersebut. Intinya, sebuah mobil rata-rata menempuh jarak 12.000 mil atau 19.312,128 kilometer per tahun. Kalau kita bilang kita mencintai seseorang “to the moon and back“, artinya… kita hanya mencintainya selama 40 tahun?

23 thoughts on “How Much Do You Love Me?

  1. Wuaah, mikir banget ya sama pengujaran cinta gitu. Hahha, aku sendiri suka dengan sains tapi nggak begitu juga, sih. Maybe segala aktivitas kata cinta ini perlu disederhanakan, hahha.

  2. Hahaha tergelitik di bagian akhir 😅🤣. Eh baru tahu arti 520 itu artinya love you. bisa nih nanti saya gunakan sebagai sandi pengungkapan cinta, wkwk

  3. Wah aku suka nemuin istilah ‘to the moon and the back’ ini. Ternyata artinya 40tahun saja? Waduh. Harusnya cinta kan sampai maut memisahkan ya hehehe.
    502artinya i love you juga baru tau..
    Tks ya starring nya

  4. Bener2 fakta yg menarik.. Aku baca barengan sm suami, dan kita kaget juga karena beneran ada gedung yg gak ada lantai 4 nya kalo misal kita naik lift.. Orang cina ni pandai betul bermain kata ya.. Salut..

  5. Wah ternyata orang Cina juga senang ‘cocoklogi’ ya Mba. Mostly di Indonesia jarang ada gedung dengan lantai “4”. Waktu aku ke Arab Saudi, semua gedung bertingkat ada lantai “4” nya, mungkin karena gak boleh mengikuti kepercayaan orang Cina, hehe.

  6. telaten banget Mbak Leila cariin tentang misteri angka cinta, hihi. Eh yang buku Guess How Much I Love You pernah baca di perpus. Bagus deh, buku simple untuk read aloud dengan anak.

  7. Iya sering banget ke gedung ngga nemu lantai 4, dari dulu tahu kalo angka 4 itu memang ngga disukai orang Cina karena tak membawa keberuntungan. Ternyata makna sebenarnya itu kematian. Pantesan aja.

  8. Waaa aku baru tau wkwk makasih banyak ka atas pembahasannya hhi, teka-teki angka dalam mengungkapkan cinta hhi boleh dicoba nih jd kode ke gebetan wkwk

  9. Jadi nambah pengetahuan baru nih mbak, soal angka 5 20 ini, ILY 3000, sama istilah to the moon and back tersebut,
    Boleh deh ntar jadi ungkapan rasa cinta ke pasangan, ceilehh, dg istilah atau bahasa baru seperti angka 5 20 itu
    Makasih sharingnya, mba

  10. menarik banget pembahasannya.. Aku suka banget artikel ini.. hehe aku juga awalnya bingung kenapa harus I love you 3000 padahal bisa 10,000 atau lebih besar lagi haha eh ternyata ada juga di Cina malah 520 ya.. Love is never ending story

  11. Ternyata yah, banyak ungkapan ungkapan seberapa besar cintamu. Dari Berbagai kata Dan ungkapan. Love pokoe😘

  12. Beragam ya cara pernyataan cinta / kasih sayang terhadap seseorang (ataus sesuatu), bisa direlasikan dengan jarak atau hitungan angka. Menarik sekali Mba, wawasanku jadi semakin terbuka terutama mengenai angka 4 di Budaya China yang dihindari ya berarti.

  13. Baca tulisan ini kok aku jadi baper ya, inget si dia 😑 dan baru tahu kalo angka pengucapan 4 itu mirip sama “kematian.” Padahal aku lahir tgl 4 loh mbak 😐

  14. Ahahaha bisa ae mbaaak 😀 Skrg yg lagi ngehits ya “I love you 3000” ini yaa 😀
    Wah baru tau ttg Bahasa Cina dan arti 520 itu. Kok lama2 menarik ya Bahasa Cina ini utk dipelajari 😀

  15. pas lihat gelangnya, saya kok ya langsung naksir berattt. Ternyata, tulisan yang tertera itu memiliki arti/makna yang dalam banget. Tak sekedar angka 5-2-0, tapi padat filosofinya

  16. Baru tau kan kalau angka bisa dibuat makna yang mungkin gak banya orang tau ya termasuk aku juga sih hehe, ilmu baru nih kak,, thanks ya bermanfaat banget

  17. Begitu lihat gelangnya, saya langsung jatuh hati, gelang kekinian girly dan berasa abege kalau saya pakai gelang tersebut (nyatanya sdh tak abege soale).

    * maaf jika duplikat komentar ya Mbak*

  18. Huhu.. kenapa aku jadi baper bacanya.. paling gak nahan emang sama kalimat-kalimat romantis kayak gini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s