Rawat Kulit Lembut Bayi dengan Vaseline Repairing Jelly Baby

Berbicara tentang kulit bayi, yang pertama terlintas biasanya adalah kondisi kulit yang halus dan lembut, sekaligus juga memerlukan perawatan khusus agar kelembutannya tetap terjaga. Pendapat ini ada benarnya, sebagaimana saya simak dari penjelasan dr. Srie Prihianti Gondokaryono, Sp.KK(K)., Ph.D., FINSDV, FAADV, dalam Instagram live Popmama bersama Vaseline Indonesia beberapa waktu yang lalu. Namun, dr. Yanti, begitu beliau biasa disapa, menerangkan juga bahwa jenis kulit bayi pun bisa berbeda-beda antara satu bayi dengan bayi lainnya.
“Pada prinsipnya kulit bayi itu lebih sensitif karena lebih tipis, ikatan antarselnya masih lebih longgar sehingga proteksinya masih belum sebaik kulit orang dewasa. Selain itu, ada juga kulit bayi yang memang ada kecenderungan alergi, apalagi jika ada riwayat alergi di keluarganya. Misalnya dari orang tua atau kakek neneknya ada yang punya riwayat alergi asma, biduran, suka bersin-bersin kalau kena dingin, maka kulitnya menjadi ekstra lebih sensitif lagi. Lebih mudah terkena infeksi, lebih mudah terkena ruam, lebih mudah terkena iritasi atau alergi dari bahan-bahan dari luar,” ungkap dr. Yanti.

Bagaimana cara mengenalinya? Pertama, lihat kelembapan atau kekeringan kulitnya. Kulit bayi yang sensitif akan cenderung lebih kering. Kedua apabila diolesi produk skincare bayi, baik yang minyak atau apa pun, ada kulit bayi yang memang cenderung lebih gampang memerah.
Kendati kulit bayi umumnya masih kelihatan dan teraba halus, tetapi tetap perlu perawatan, khususnya pemberian pelembap. Mengapa? Berikut penjelasan dr. Yanti:
  1. Menutup atau memberi lapisan di atas permukaan kulit sehingga tidak mudah terjadi penguapan air yang sudah ada di dalam tubuh.
  2. Menarik air baik dari luar (air setelah mandi) atau air dari dalam tubuh. Untuk mempertahankan kulit yang sehat tentu kita juga perlu nutrisi yang baik dan minum yang banyak. Nanti sumber air itu juga diambil dari dalam.
  3. Mengisi di antara ikatan sel-sel kulit yang masih longgar sehingga membuat proteksi kulitnya menjadi kuat (intact). Dengan demikian juga sekaligus menghindari atau mencegah timbulnya ruam kemudian menangkal timbul infeksi ataupun alergi.
Khusus bayi yang kulitnya sensitif dan sering ditandai dengan eksim, memang sebaiknya pelembap, dioleskan sesering mungkin sesuai dengan kebutuhannya untuk melindungi kulit. Jika mengoleskan pelembap di luar waktu sehabis mandi dan kulit masih kering jangan diolesi langsung. Basahi dulu kulitnya pakai waslap kemudian baru oleskan pelembap. Ini untuk membersihkan kulit dari kotoran atau keringat yang mungkin menempel, sekaligus menyediakan air untuk “ditahan” oleh pelembap.
Nah, perawatan kulit bayi yang baik salah satunya dimulai dengan menggunakan skincare yang sesuai.
“Pertama, pilih produk yang sesuai untuk kulit bayi kita. Apalagi untuk newborn dari 0 sampai 1 bulan itu memang lebih rentan dibandingkan usia-usia yang lain,” kata dr. Yanti. Apa saja yang harus diperhatikan?
  1. Pilih produk yang memang dikhususkan untuk kulit bayi, misalnya harus hipoalergenik karena ikatan antarselnya masih longgar dan apa pun yang kita aplikasikan di atas kulit dia bisa masuk.
  2. Perhatikan practices-nya, misalnya dalam hal mandi. Air mandi tidak boleh terlalu dingin atau terlalu panas, pakai yang hangat kuku. Pakai produk termasuk sabun mandi, lotion dan yang lainnya yang khusus bayi karena emang sudah didesain formulanya. Mandi juga jangan terlalu lama, maksimum 10-15 menit saja.
  3. Pemakaian lotion pelembap harus segera setelah mandi, 3-5 menit setelahnya.
Petroleum jelly merupakan contoh bahan pelembap yang sudah lama dipercaya menjaga kelembutan kulit. Merek ternama yang menggunakan bahan ini adalah Vaseline, yang beberapa tahun belakangan rebranding nama produknya yang mengandung petroleum jelly ini menjadi Vaseline Repairing Jelly. Bukan hanya produk basic yang banyak dipakai di mana-mana itu, tetapi kini ada juga Vaseline Repairing Jelly Aloe Vera dan Vaseline Repairing Jelly Baby. Kali ini, yang dibahas tentu fokus ke produk yang untuk bayi.
Seberapa banyak kita sebaiknya mengoleskan pelembap? Dokter Yanti menyebutkan bahwa yang paling mudah adalah sekitar 1 ruas jari munjung untuk area kurang lebih luas telapak tangan kita. Jangan terlalu sedikit tapi juga jangan terlalu banyak karena mubazir, kalau sudah mencapai batas maksimum diserap maka pelembap akan hanya ada di atas permukaan kulit saja dan tidak terlalu banyak lagi manfaatnya.

Vaseline Repairing Jelly Baby Lindungi dari Ruam Popok

Salah satu masalah yang sering muncul pada bayi adalah ruam pada area yang tertutup popok atau biasa disebut dengan diaper rash. Cara mencegahnya adalah:
  1. Pilih popok yang sesuai dengan berat badan dan ukuran tubuh bayi berbeda. Jangan terlalu ketat dan juga jangan terlalu longgar.
  2. Pastikan bahannya sudah diuji, karena bahan yang digunakan akan kontak langsung ke kulit bayi.
  3. Harus kita perhatikan cara penggunaannya. Walaupun disposable tapi saat pemakaian harus sesuai dengan daya tampung diaper, jangan melebihi. Terlalu lama kontak kulit dengan urin juga bisa mengganggu kesehatan kulit. Dengan kondisi Indonesia yang panas dan lembap, yang terbaik adalah ganti popok sekali pakai sekitar 5 kali sehari. Kalau sudah buang air besar tentu harus segera diganti, tidak boleh ditunggu lama-lama.
“Selain frekuensi penggantian, skin care juga harus diperhatikan. Kalau hanya buang air kecil bisa menggunakan kapas dengan air saja. Kalau buang air besar, harus dibersihkan pakai sabun karena mengandung enzim yang bisa merusak kulit bayi kita. Sebelum ganti diaper lagi jangan langsung dipakaikan, diangin-anginkan dulu. Gunakanlah krim pelindung seperti petroleum jelly yang bisa melindungi agar tidak terjadi kontak dan friksi, termasuk di area pinggang. Ruam itu terjadi karena urine yang sudah overflowing kemudian menempel langsung ke kulit. Area yang tertutup diaper biasanya juga suhunya lebih panas sehingga lebih mudah terjadi ruam,” terang dr. Yanti.
Dengan perlindungan yang tepat, kelembutan dan kesehatan kulit bayi pun bisa terjaga dengan baik. Nantinya, kulit sehat ini akan menjadi bekalnya hingga dewasa, yang nantinya bisa menyesuaikan lagi seperti apa pelembap yang cocok dengan jenis kulitnya.

39 thoughts on “Rawat Kulit Lembut Bayi dengan Vaseline Repairing Jelly Baby

  1. Dulu aku tahu Vaseline cuma buat pembersih muka, ternyata Vaseline juga ngeluarin juga yang bisa merawat kulit bayi, recommended produk” dari Vaseline mah

  2. Dulu jg pernah seharian muter cari vaseline jenis ini. Harus beli di toko khusus gitu. Kayak guardian pun kadang jarang ada.
    Emang terbukti banget sihh, efektif dan manfaatnya worth it to buy

  3. mbak leila aku mau tanya dunk, ini produk vaseline bisa digunakan tidak ya untuk bagian pipi? anakku yang ke3 itu kulitnya paling cerah sendiri tapi juga paling sensitif sendiri, huhu. Kalau dulu sempet gak cocok sama minyak telon, walhasil seluruh badannya memerah semua. Dan sekarang sudah tidak lagi tapi seringnya bagian pipi, nanti itu muncul merah-merah kalau gak segera diatasi jadi semakin membesar

  4. Lho baru tahu Vaseline Repairing Jelly Baby (ada yang buat baby) ternyata. Bisa buat ruam popok lagi, keren nih vaseline. Saya pribadi pake Petroleum jelly buat bibir kering sama kulit kering hehe

  5. aku masih pake handbody sama deodorant nya aja nih, baca ini jagi pengen beli yang gel, karena memang serba guna ya mbak.

  6. Serius baru tau kalau Vaseline ada produk buat bayi juga, duh kudetnya aku. Ini yang ku butuhkan buat ruam popok kan, masalah klasik mama anti ribet pengguna popok sekali pakai.

  7. aku baru tahu loh mbak leila ada produk vaselin buat baby ini, seumur2 aku belum pernah pakein…jadi kepngen coba buat si kecil deh..apalagi kalau di ac kan suka kering gini kulit

  8. Aak, aku juga pake Vaseline Repair ini di rumah. Terutama untuk tumit kering2 dan memang semantul itu. Kandungannya aman banget ya pasti, soalnya mujarab buat kulit baby juga, baru tahu aku hehe.

  9. Aku pakai juga vaseline repairing jelly. Tapi aku baru tau loh ada yang khusus baby. Bagus menurutku vaseline repairing jelly ini. Apalagi untuk kulit kering.

  10. Aku dulu sering banget make vasellin jelly ini mBa Leila, tapi di Indonesia harganya mehong ya tapi kualitasnya bagus sih memang vaselin produk jaminan aku sendiri sudah merasakannya. Dulu pas kerja di luar lebih hemat harganya.

  11. Wah vaseline mmebuat terobosan baru untuk bayi nih. Dulu biasanya kalau ruam gitu dikasih bedak saja. Tapi siapa sih yang nggak kenal kualitas vaseline. Kualitasnya yang nggak bisa diragukan lagi.

  12. aku pernah pake vaseline dulu banget, waktu kulit sering kering terutama bibir. tapi ternyata sekarang ada produk untuk bayi ya, dijamin aman dan oke banget pasti

  13. Aku pengen nyoba juga deh jadinya vaseline repairing baby ini buat anak ku yang laki-laki. Kulitnya kering banget. Aku pakai juga vaseline ini biat aku.

  14. Wuih mantap nih brand Vaselin skrg ad ad skin care untuk bayi yah. Anak aq sering bnget kena ruam saat pake popok, pengen banget cobain ini

  15. Wah aku baru tahu ada Vaseline Petroleum untuk bayi, pasti lebih aman ya. Aku sekeluarga pakai yang Petroleum biasa untuk kulit kering

  16. Vaseline Jelly ini emang juara sih untuk urusan kulit kering. Sekarang ada yg untuk baby juga yaa. Boleh nih di stock di rumah utk anak2 yg masih sensitif kulitnya

  17. Buat bayi emang nggak boleh coba-coba ya mbak. Aku setuju kalau perawatan kulit bayi yang baik salah satunya dimulai dengan menggunakan skincare yang sesuai. Vaselin sih udah terbukti.

  18. Duh ini saya kudet yah, baru tau loh ada vaseline repairing jelly untuk bayi gini. Hehe biasa saya pakai sendiri untuk yang dewasa. Terimakasih informasinya mbak

  19. Vaseline dari dulu memang sudah terkenal dengan khasiatnya yang melembabkan, apalagi yang Vaseline jelly, waahh.. favorit produk deh pokoknya

  20. Wah menjawab kegundahan new mom nih soal ruam popok. Keren ya Vaseline keluarin produk skin care untuk bayi

  21. Tambah seneng nih menggunakan Vaseline, karena nggak hanya tersedia untuk orang dewasa aja, buat bayi pun juga ada. Memang merek terpercaya ya makanya selalu jadi pilihan

  22. Dulu sblum nikah uda prnh coba vaselinne petroleum jelly. Blum nyoba buat anak jd kepo deh gmn khasiatnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s