Tantangan Level 12 Kelas Bunda Sayang IIP Hari ke-1

Tidak seperti biasanya, Materi Level 12 kemarin disampaikan langsung oleh ibu Septi Peni Wulandani melalui aplikasi Virtual Clasroom. Topik yang dibahas adalah bagaimana memanfaatkan teknologi dengan baik untuk menyukseskan misi keluarga, alih-alih merintanginya. Bu Septi kemudian memberikan tantangan untuk mencari tahu berbagai aplikasi/teknologi yang bisa memudahkan para ibu dalam proses mendidik anak/memudahkan proses manajemen diri, keluarga, dan komunitas/membuat para ibu jadi produktif/menambah amalan ibu untuk bisa makin bermanfaat bagi banyak orang.

Untuk hari pertama ini, saya mengulas aplikasi yang memang sudah biasa saya gunakan, yaitu Evernote. Aplikasi ini sangat praktis karena bisa dibuka di ponsel (berupa app) maupun di komputer. Dengan aplikasi ini, kita bisa menyimpan laman web secara langsung maupun membuat catatan (termasuk disisipi foto). Sekiranya sewaktu-waktu diperlukan, kita bisa mencari konten dengan mudah dan cepat, tentunya asal ingat kata kuncinya. Punya saya masih berantakan, sih. Seharusnya bisa lebih well-organized dengan pengaturan folder yang sesuai, sehingga lebih rapi. Aplikasinya bisa diunduh di sini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.evernote.

Dengan Evernote, saya lebih mudah menyimpan resume kajian/kulwap/seminar, status maupun laman web yang bermanfaat, dalam bentuk copas, save langsung dari lamannya, mengambil screenshot atau foto, merekam suara, menggambar/mencorat-coret, maupun gabungan dari aktivitas tersebut. Draft blog maupun catatan dari acara yang saya ikuti pun lebih sering saya simpan di sini, karena nantinya juga jadi mudah untuk dibuka dari laptop/PC. Mencari referensi untuk membantu menjawab pertanyaan di grup yang saya menjadi adminnya maupun sebagau anggota biasa juga jadi lebih mudah. Penyimpanannya lebih cepat, jadi risiko gagal simpan kalau-kalau jaringan putus mendadak lebih kecil. Otomatis ini juga menghemat waktu yang nantinya bisa saya gunakan untuk mengerjakan hal lain. Bisa lebih hemat kuota juga karena tidak perlu search lagi di google atau loading laman yang hanya kita bookmark saja. Kalau hp bermasalah (error atau hilang atau ketinggalan) pun Evernote masih bisa diakses. Kendalanya, kalau memori hp sudah penuh betul, aplikasi ini juga jadi susah diakses.

#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s