Imunisasi Terjangkau dan Praktis, ke Sini Aja!

Sebagai salah satu bentuk ikhtiar demi kesehatan keluarga, saya mengikuti jadwal Kementerian Kesehatan RI dalam pemberian vaksin. Biasanya saya membawa anak-anak untuk mendapatkan vaksin yang ada dalam jadwal dari Kemenkes ini di puskesmas. Lumayan kan, bisa lebih menghemat biaya, sekaligus berpartisipasi dalam program pemerintah. Selain mematuhi jadwal yang tercantum dalam buku KIA versi Kemenkes, saya juga mengambil imunisasi lainnya untuk anak-anak, mengikuti rekomendasi IDAI. Nah, karena vaksin non-subsidi ini tidak tersedia di puskesmas, maka kami harus memperolehnya dari tempat lain.

Unduh Buku KIA Kemenkes versi 2016 di tautan ini

Hingga usia anak-anak dua bulan, mereka mendapatkan imunisasi di kota tempat mereka lahir alias kampung halaman saya di Sukoharjo, biasanya di RS. Sedangkan setelah kami kembali ke tempat bertugas di Jakarta, anak-anak memperoleh vaksin rekomendasi melalui sejumlah layanan jasa. Sejauh ini justru kami belum pernah ke rumah sakit untuk imunisasi, karena ada pilihan lain yang lebih praktis. Lebih minim risiko infeksi nosokomial (infeksi ‘oleh-oleh’ dari rumah sakit/pasien di sana) pula.

Baca juga: Jadwal Imunisasi IDAI Terbaru

Dulu kami biasa pergi ke Rumah Labeeba alias praktik pribadi dr. Ian (Farian Sakinah) untuk vaksinasi anak-anak (dan saya juga). Namun sayangnya belakangan stok vaksin di sana tidak selalu tersedia, apalagi yang non-subsidi. Kesibukan dokter keluarga kami itu pun semakin bertambah. Jadilah saya mulai mencari-cari alternatif tempat lain untuk imunisasi.

Berikut beberapa jasa imunisasi yang pernah saya gunakan untuk anak-anak:

  1. Simple Vaccination

Layanan Simple Vaccination milik dr. Ika Fajarwati ini sangat memudahkan untuk memperoleh vaksinasi. Betapa tidak, ada layanan visit ke rumah, lho. Tentu ada tambahan biaya visit, tergantung wilayah. Dokter Ika sendiri berdomisili di Depok, dan bisa juga imunisasi di tempat beliau (tanpa biaya visit). Biaya visit ini bukan dihitung per vaksin, melainkan per kedatangan. Jadi, bisa lho ajak tetangga atau teman untuk imunisasi bareng, dan biaya visitnya nanti ditanggung bersama. Inilah yang sempat saya lakukan beberapa kali. Praktis jika urusan waktu atau transportasi menjadi kendala. Konsultasinya pun enak, dr. Ika bisa dihubungi melalui whatsapp jika ada hal-hal yang perlu ditanyakan setelah beliau pulang, termasuk jika ada reaksi tertentu (mudah-mudahan sih nggak ya) pascaimunisasi.

Oh ya, pernah juga kami janjian di lokasi kegiatan dr. Ika demi mengejar momen anak-anak disuntik dengan ditunggui oleh ayah mereka, dan tidak dikenai biaya visit karena hitungannya kan kami yang mendatangi, hehehe. Harga vaksin di dr. Ika juga cenderung lebih murah, beberapa bahkan diskon hingga 30%, dengan kualitas yang tetap terjaga. Untuk harga lebih jelasnya, bisa dilihat pada gambar berikut ini (sudah termasuk jasa medis dan konsultasi, belum termasuk biaya home visit).

Kontak dr. Ika/Simple Vaccination: 08569095435

Facebook: Simple Vaccination

2. In Harmony Clinic

Stok vaksin di klinik milik dr. Kristoforus Hendra Djaya, Sp.PD. ini lumayan lengkap, termasuk untuk vaksin-vaksin yang langka pada masanya seperti varicella (cacar air). Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari rumah, bisa sekali naik angkot, walaupun biasanya kami ke sana naik motor. Bisa mampir makan soto dekat Rutan Salemba yang menjadi favorit kami sejak pengantin baru, pula, hehehe. Kesediaan vaksin maupun harganya bisa ditanyakan melalui telepon.

Di sini, yang memberikan vaksinasi bisa dokter (biasanya kalau pagi sebelum tengah hari, tapi untuk lebih pastinya bisa ditanyakan dulu pada petugasnya) maupun petugas vaccinator. Beberapa kali ke sini pengalaman kami tingkat keramaiannya beda-beda, kadang sepi tapi kadang juga perlu antre sampai sejam. Dulu ada pojok bermain untuk anak-anak dilengkapi dengan lego dan beberapa mainan lainnya, tapi sejak direnovasi sudut itu sudah tidak ada lagi. Sekali ambil imunisasi di sini, selanjutnya pasien akan memperoleh informasi melalui e-mail maupun sms, misalnya sebagai pengingat jadwal imunisasi berikutnya yang sudah dekat. Para dokter maupun vaksinatornya ramah dan sabar dalam memberikan penjelasan sebelum dan sesudah pemberian vaksin, termasuk dalam menenangkan anak-anak.

 

Alamat In Harmony Clinic Salemba: Jl. Percetakan Negara IVB no 48, Jakarta
Telp 021 4248790 / 021 4220214 BBM PIN: 7CB4157B
IG: @vaksinasi dan @tanya_imunisasi

3. Rumah Vaksinasi Cempaka Mas

Sudah lama saya mendengar tentang Rumah Vaksinasi milik dr. Piprim, tetapi belum jadi-jadi hendak memanfaatkan keberadaan layanan RV. Waktu itu RV terdekat ada di Cempaka Putih, tapi sampai RV Cemput tutup kami belum kunjung kesampaian ke sana. Ketika ada program nasional imunisasi MR tempo hari, kami hendak ikut yang di posyandu tetapi batal karena Fahira masih demam pada hari yang dijadwalkan (sedangkan Fathia dapat di sekolah). Adanya informasi ketersediaan vaksin MR di Rumah Vaksinasi Pusat, bahkan katanya digratiskan (hanya bayar jasa dokter), membuat saya tertarik. Hanya saja, adanya di hari kerja, karena kuota untuk akhir minggu sudah terisi dengan cepat. Bisa juga sih sebetulnya ambil di puskesmas, tapi lagi-lagi dengan pertimbangan mumpung suami libur, saya cari informasi lagi barangkali ada yang menyediakan layanan MR di akhir pekan dengan harga terjangkau. Saya baru ingat pernah membaca sekilas tentang Rumah Vaksinasi Cempaka Mas, dan langsung menghubungi kontaknya yang tersedia di media sosial. Alhamdulillah Fahira bisa memperoleh vaksin MR di situ, dengan membayar jasa medis saja. Promonya sih, harga vaksin di sini juga hingga 30% lebih terjangkau.

Baca juga: Seminar Vaksinasi dari Rumah Vaksinasi

 

Lokasinya sendiri cukup mudah ditemukan, di daerah belakang ITC Cempaka Mas. Saat kami ke sana, antrean cukup padat hingga ruang tunggu yang mungil jadi penuh. Syukurlah ada beberapa mainan yang tersedia, yang bisa cukup menghindarkan anak-anak dari kebosanan menunggu. Untuk jadwal maupun pendaftaran, bisa langsung tanyakan lewat saluran-saluran yang tersedia, ya. Medsosnya juga update kok mengenai perubahan jadwal jika ada. Biasanya sih layanan dibuka pada Kamis malam dan Jumat malam, serta Sabtu-Minggu pagi hingga siang.

Alamat Rumah Vaksinasi Cempaka Mas: Jl. Sunter Kemayoran (GPS) Komplek Kodam Sumur Batu – Jl Basoka/Tombak No.9 Rt 13/04 – Sumur Batu – Jakarta Pusat
IG: @rv.cempakamas
FB: Rumah Vaksinasi Cempaka Mas
WA/SMS/Telp: 087788230032

 

Nah, itu tadi tiga layanan imunisasi non-RS yang pernah kami gunakan. Dulu pernah lihat juga promosi layanan Vaxi.id milik dr. Dirga Sakti Rambe (vaksinolog pertama di Indonesia) yang katanya malah tanpa biaya visit untuk layanan ke rumah, tapi sudah agak lama tidak memantau kabar terbarunya.

#ODOPOKT26

Tulisan ini diikutsertakan dalam program One Day One Post Blogger Muslimah.

One thought on “Imunisasi Terjangkau dan Praktis, ke Sini Aja!

  1. Pingback: Siap-siap Imunisasi Usia 2 Tahun | Leila's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s