Tantangan Level 9 Kelas Bunda Sayang IIP (Think Creative) – Hari 7

Kemarin (09/11) kami membaca bersama beberapa buku yang baru saya beli. Salah satu bukunya berjudul Press Here oleh Herve Tullet. Kebetulan, ilustrasi sampul depannya ternyata punya kemiripan dengan komponen infografis materi pendukung diskusi untuk level 9 ini. Buku yang pertama kali diterbitkan tahun 2010 ini sungguh kreatif idenya. Kalau biasanya anak-anak memahami aksi-reaksi lewat layar sentuh atau fitur interaktif lainnya yang ada pada perangkat elektronik (termasuk gawai), dalam buku ini penulis menyajikan instruksi pada suatu halaman yang kemudian ‘menghasilkan’ perubahan pada halaman berikutnya. Dan ini tanpa tambahan aksesori seperti pop up, pull up atau sejenisnya ya, murni ilustrasi dan tulisan dalam halaman biasa saja.

Ternyata, seru lho! Fathia asyik memencet-mencet gambar, meniup halaman buku, atau memiringkan buku ke arah yang diminta. Ide penulis menurut saya unik karena terlihat simpel hingga setelah melihatnya orang mungkin berpendapat ‘buku kayak gini sih saya juga bisa bikin’ atau ‘kayak gini kok ya laku dijual’, tapi idenya itu lho…berapa banyak orang yang terpikir membuatnya sebelum melihat buku ini? Sebelum membeli, saya sempat cek ulasannya di Goodreads dan menemukan banyak pujian untuk buku tersebut, yang memantapkan saya untuk membelinya. Menikmati karya kreatif seperti ini saya percayai sebagai salah satu cara memotivasi diri agar ikutan menjadi kreatif, termasuk dalam bidang yang berbeda.

Ya, semangat untuk terus membangkitkan sisi kreatif kita terutama sebagai orangtua perlu terus dijaga. Malam itu juga, saya sudah melewatkan kesempatan belajar dari Fathia. Usai membaca buku-buku baru maupun lama, menjelang tidur, Fathia bercerita tentang kegiatannya tadi di sekolah. Katanya, ia mewarnai es. Saya sudah terbayang kegiatan ala Montessori, mungkinkan mengoleskan atau meneteskan pewarna ke es batu lalu melihat efeknya? Tapi begitu saya tanyakan apakah alat yang dipakai adalah kuas atau pipet, Fathia malah bingung. Ternyata yang ia maksud adalah ‘mewarnai huruf S’, hahaha. Nah, tuh kan, padahal tempo hari di sesi diskusi sudah diingatkan tuh, don’t assume! Jangan buru-buru membuat pernyataan, perbanyaklah membuat pertanyaan. Yah, sebetulnya yang saya lakukan juga melontarkan pertanyaan, ya, hanya saja ternyata asumsi saya beda dengan kenyataannya.

 

#Tantangan10Hari
#Level9
#KuliahBunSayIIP
#ThinkCreative

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s