Tantangan Level 12 Kelas Bunda Sayang IIP Hari ke-3

Sebagai penyuka buku, tentunya saya senang ketika tahu ada aplikasi iPusnas dari Perpustakaan Nasional RI. Hanya saja, dulu saya sudah duluan memasang aplikasi serupa, termasuk aplikasi perpustakaanm instansi sendiri, jadi demi menghindari memori kelewat penuh saya belum bisa mencoba iPerpusnas.

Setelah akhirnya bisa memasang aplikasi ini, saya mencobanya dan ternyata mudah ya pemakaiannya. Pendaftaran akunnya bahkan bisa hanya dengan akun Facebook. Pilihan genre bukunya cukup beragam, dari novel, buku tutorial, kumpulan resep, biografi, hingga buku anak. Kali ini saya mencoba meminjam buku The Secret of Enlightening Parenting. Alhamdulillah stoknya ada. Kalaupun ada buku yang diincar tetapi sedang dipinjam semua, bisa juga kita masukkan dalam daftar keinginan, dan nantinya katanya akan ada notifikasi bila sudah tersedia untuk kita pinjam.

Pihak Perpusnas cukup responsif juga menanggapi masukan yang disampaikan melalui tautan unduhan mereka, . Beberapa pengguna melaporkan crash saat dibuka, sejauh ini sih alhamdulillah punya saya lancar. Aplikasi ini juga punya konsep menyerupai media sosial, jadi kita bisa sekaligus berjejaring, memberikan review, membaca ulasan maupun daftar koleksi pengguna lain, dst.

Peminjaman buku yang hanya dibatasi tiga hari memang agak sempit ya durasinya. Tidak ada denda, hanya saja setelah batas waktunya lewat maka buku akan otomatis menghilang dari loker kita. Saya membayangkan kalau bukunya tebal, mestinya kan butuh waktu lebih lama. Tapi mungkin hal ini untuk memberikan kesempatan pada pembaca lain, juga agar penerbit bisa tetap mendapatkan pembeli, misalnya jika pembaca versi iPusnas penasaran ingin membaca buku tersebut dengan lebih santai, mau memberikan hadiah karena puas setelah membaca, hendak mengoleksi, dst. Nah, soal mengoleksi ini nih, kehadiran iPerpusnas dan aplikasi serupa bisa membantu menghemat tempat di rak buku dan mengurangi biaya belanja buku juga. Memang sih, beli buku itu toh artinya mengeluarkan uang untuk sesuatu yang bermanfaat, ya. Namun, tidak semua buku harus kita miliki, kan?

#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s