Ragam Sajadah Empuk Dukung Nyamannya Ibadah

Tidak terasa, sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan, jika Allah swt mengizinkan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang dijanjikan penuh dengan pahala dan kebaikan. Tak heran banyak yang berlomba-lomba memperbanyak ibadah agar dapat meraih keberkahan lebih banyak lagi. Salah satu ibadah yang bisa dilakukan adalah shalat sunat, misalnya shalat tarawih yang memang hanya ada di bulan puasa.

Dalam melaksanakan shalat, umat muslim biasanya menggunakan alas berupa sajadah. Sajadah juga bisa dipakai sebagai alas duduk saat berdzikir atau membaca Al-Qur’an. Beberapa waktu yang lalu saat mulai ramai penyebaran penyakit Covid-19 akibat virus corona, mulai banyak anjuran untuk membawa sajadah sendiri kalaupun tetap mau ke masjid.

Kini, semakin banyak yang memilih mengikuti anjuran ulama untuk shalat di rumah saja. Mau di masjid maupun di rumah, pastinya kita ingin memakai sajadah yang nyaman.

Saat ini banyak sekali ragam sajadah yang ditawarkan di pasaran. Ada sajadah tebal mirip permadani mungil nan mewah, ada pula sajadah tipis yang bisa dilipat untuk mempermudah dibawa bepergian. Untuk menemani aktivitas shalat yang lebih intens dari biasanya di bulan puasa, tak ada salahnya menggunakan sajadah empuk yang nyaman. Seperti apa pilihan sajadah empuk yang bisa kita pakai? Ini nih, daftar pilihannya.

1. Sajadah quilt

Teknik jahit tindas atau quilting berarti mengisi dua lapis kain dengan isian bahan lembut seperti busa atau dakron, kemudian kain berikut isiannya dijahit dengan pola tertentu. Hasilnya adalah lembaran yang tebal dengan isian yang tidak mudah bergeser sehingga bisa mempertahankan ketebalannya.

Sajadah quilt ini kadang juga disebut dengan istilah sajadah kasur karena teknik pembuatannya yang mirip dengan kasur gulung yang biasa disebut dengan kasur Palembang. Terdapat aneka motif maupun jenis bahan untuk sajadah quilt, sehingga bisa disesuaikan dengan selera kita masing-masing.

Sajadah nyaman untuk ibadah

2. Sajadah berlapis busa

Bagian atas alas shalat jenis yang satu ini adalah sajadah biasa, termasuk sajadah klasik yang umumnya dihiasi dengan rumbai-rumbai, kemudian dialasi lagi dengan lapisan busa yang dijahit menyatu. Biasanya, bagian bawah sajadah jenis ini dilengkapi dengan material antiselip agar tidak licin saat bersentuhan dengan lantai.

Tanpa jahitan yang menguatkan seperti halnya sajadah quilt, sajadah lapis busa ini memang berisiko kempes pada sisi yang biasa mendapatkan tekanan lebih seperti bagian lutut dan telapak kaki setelah dipakai berkali-kali. Namun, sejumlah produsen mengklaim bahwa sajadah mereka dilapisi dengan busa berkualitas sehingga dijamin tidak kempes dengan pemakaian wajar.

3. Sajadah mat

Kalau ada yang punya yoga mat, nah, sajadah yang ini terbuat dari bahan serupa. Kelebihan dari sajadah yang mirip matras alas olah raga ini adalah mudah dibersihkan. Jika ada debu atau cairan yang mengotori, tinggal lap dengan kain basah kemudian keringkan. Tentunya tetap cek jenis kotorannya, ya. Bila yang mengotori sajadah ini termasuk najis yang harus dibersihkan dengan metode tertentu, ikuti tata cara pembersihannya dengan benar agar suci dan sah untuk dipakai shalat. Namun, kalaupun perlu diguyur dengan air atau dicuci dengan sabun, bahan sajadah ini mudah kering dalam waktu singkat sehingga bisa lekas dipakai kembali untuk beribadah.

Kelebihan lainnya, sajadah mat cenderung tidak bulky untuk dibawa dalam keadaan digulung karena tidak setebal sajadah empuk jenis lainnya. Bahannya yang mudah dibersihkan juga membuat sajadah mat disebut dengan istilah sajadah antialergi, sebab tidak memerangkap debu dan juga tidak berbulu.

4. Sajadah rasfur

Rasfur adalah jenis kain yang memiliki karakter berbulu lembut, sehingga banyak digunakan dalam pembuatan boneka. Sajadah rasfur memiliki bulu-bulu tebal yang selain membuat sajadah terasa empuk juga memberi efek sensorik menenangkan pada telapak kaki maupun tangan yang bersentuhan langsung dengan bahan sajadah.

Sajadah bulu empuk

Jika tertarik membeli sajadah rasfur, pastikan bahan dan jahitannya berkualitas baik, ya. Sebab jika jahitannya kurang kuat, bisa saja bulu-bulu sajadah rasfur ini rontok dengan mudah.

Nah, itu tadi beragam pilihan sajadah empuk untuk menemani beribadah di bulan Ramadan maupun sesudahnya. Sajadah empuk ini bisa digunakan di dalam maupun di luar ruangan loh, sebab biasanya juga sudah dilengkapi dengan tas untuk membawa sajadah dalam keadaan dilipat. Sajadah empuk ini cocok juga dijadikan sebagai hadiah untuk sahabat, kerabat, maupun kolega di hari raya Idul Fitri.

7 thoughts on “Ragam Sajadah Empuk Dukung Nyamannya Ibadah

  1. Kalau boleh milih sukanya yg sajadah quilt itu, empuk pasti ya Mbak.. Harapannya bisa makin betah lama-lama diatas sajadah tp bukan tuk tidur lho, hihihih, secara bentuknya mirip kasur.

  2. Eh sajadah quilt tadi mirip banget ama kasur isi kapuk gitu ya. Empuk banget pasti. Pas buat ibadah makin nyaman

  3. Wah baru ngerti jenis-jenis sajadah yang empuk beginian. Selama ini ngertinya ya beli sajadah berdasarkan range harga.

    Btw, kalau seperti sajadah rasfur begitu harus dicuci manual ya? sepertinya kalau di cuci mesin cuci bisa riskan terhadap bulu-bulunya

  4. Pingback: Kembali Beraktivitas Menuju New Normal, Perhatikan Hal Ini Yuk | Leila's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s