Kenali Diri untuk Jadi Muslimah Berkepribadian Unggul

Jumat lalu ustadzah Astrie Ivo mengisi acara pengajian di kantor. Tema besar yang diangkat adalah Menjadi Muslimah Berkepribadian Unggul. Saat menyimak tausiyah dari beliau, mau tak mau saya terkenang ceramah yang juga disampaikan oleh istri Dariola Yusharyahya ini lebih dari satu dekade yang lalu di tempat yang sama, sewaktu saya masih berstatus pegawai magang dan belum menikah (kalau tidak salah, ya). Bahkan sebagian kalimat masih saya ingat persis cara penyampaiannya. Bukan, bukan bosen, kok. Senang malah, semacam dikasih reminder. Hanya saja, melihat beliau terlihat tak berubah meski sudah satu dasawarsa sementara saya berasa tambah tua itu kok sesuatu, ya :D.
 

Mantan artis ternama pada masanya ini mengawali pengajian dengan mengingatkan bahwa yang namanya penghuni surga, di mana pun dia berada adalah untuk ibadah. Mau itu bekerja, mengikuti pengajian, niatkan semuanya untuk ibadah. Landasi setiap langkah kita dengan iman. Iman bukan hanya percaya, karena kalau demikian iblis justru lebih-lebih percaya pada Allah. Maka keimanan perlu dibuktikan dengan mengikuti perintah Allah, yang bukan hanya meliputi kewajiban ibadah saja. Kalau sering tadabbur, selera kita adalah selera Al-Qur’an, segala tindakan kita dituntun dan dididik oleh Al-Qur’an. Dalam memilih makanan misalnya, cek kehalalannya. Sedangkan dalam bebekerja, kita akan bekerja secara itqan (profesional, benar sesuai prosedur) dan disertai dengan ihsan (kebaikan).

Muslimah punya peran tersendiri di dunia ini, sebab jumlahnya bisa jadi cuma setengah dari masyarakat, tetapi bisa menggerakkan seluruh masyarakat. Status sebagai istri jangan membuat kita lupa akan kewajiban sebagai hamba. Untuk jadi bermanfaat, pertama-tama perlu kenali diri kita dulu, karena hanya setelah mengenal diri kita sendiri, barulah kita bisa mengembangkan potensi diri kita, begitu sepupu Asma Nadia ini menekankan.
Jalankan peran kita masing-masing dengan semaksimal mungkin: Istri yang ghalimah (menggemaskan bagi suami), ibu yang madrasah, dan anggota masyarakat berkontribusi positif. Jangan lupa sediakan waktu untuk berolah raga dan me time. Ada kendala? Lakukan ini: banyak doa, usaha, dan ikhlas.
Secara ringkas, dapat disimpulkan bawa Muslimah Berkepribadian Unggul adalah yang:
1. Akidah yang lurus/bersih
2. Ibadah yang benar.
3. Akhlak yang kokoh
4. Kekuatan jasmani
5. Keluasan wawasan
6. Berjuang melawan hawa nafsu
7. Pandai menjaga waktu
8. Teratur dalam suatu urusan
9. Memiliki kemampuan usaha sendiri/mandiri
10. Bermanfaat bagi orang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s