Tantangan Level 12 Kelas Bunda Sayang IIP Hari ke-5

Menyimak perkembangan terkini, pembaca berita, blog, ataupun postingan medsos katanya lebih suka dengan gambar. Bukan hanya foto ilustrasi yang polos-polos saja, melainkan juga foto disertai teks. Uraian yang panjang lebar pun, bisa tampak lebih sederhana, nyaman dibaca, mudah diingat, dan menarik perhatian jika disajikan dalam bentuk infografis. Makin banyak yang tertarik berkunjung atau betah berlama-lama di situs kita, biasanya kian tinggi juga peringkat di mesin pencari dan in sya Allah blog atau medsos kita bisa semakin menebar manfaat, kan? Lantas, bagaimana nasib orang-orang yang sisi artistiknya kurang dan gagap mengoperasikan aplikasi pendukung ilustrasi? 

Yah, saya bukannya nggak berusaha belajar sih ya, apalagi teman-teman ruangan saat ini banyak yang jago dalam hal visual sesuai bidang kerja saat ini, bahkan dikirim ke workshop singkat pun saya pernah, tetapi sepertinya naluri saya kurang terasah :D. Maka saya bersyukur ketika seorang blogger merekomendasikan yang namanya Canva melalui tulisannya. Dengan masuk ke Canva.com ini, tanpa repot-repot, aneka desain yang cantik siap kita isi dengan kata-kata kita sendiri yang bisa juga diatur lagi huruf ddan letaknya, dimensinya pun bisa disesuaikan dengan platform yang dipakai (medsos tertentu, blog, flyer…). Jelas, manfaatnya adalah menghemat wakru untuk desain maupun tanya-tanya ke teman (walaupun sebenarnya ini proses belajar juga, ya), juga menghemat biaya (karena yang saya tahu ada blogger yang memilih menyewa jasa desainer daripada ia pusing memikirkan soal hias menghias situs atau postingannya). 

Canva juga bisa menjadi sarana melatih naluri, misalnya dalam hal pemilihan objek yang mendukung, padu padan warna, peletakan dan jenis huruf, dst. Seperti sudah saya sebutkan di awal, template yang tersedia amatlah banyak dan semuanya menarik. Ada fitur search pula, jika kita secara spesifik menginginkan desain atau tambahan gambar/foto dengan tema tertentu. Selain yang gratis, ada pula desain dan gambar/foro berbayar, ini juga bisa menjadi sumber inspirasi. Desain yang kita buat juga bisa tersimpan di dalam akun Canva kita.

Sekian lama menjadi pengguna Canva versi web, belum lama ini seorang sahabat menyebutkan kalau ada aplikasinya. Wah, ternyata memang praktis juga. Hanya saja, ada fitur yang tidak selengkap website. Namun, untuk desain sederhana dan cepat, sudah lebih dari cukup, kok. Berikut contohnya.

#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s