Tantangan Level 12 Kelas Bunda Sayang IIP Hari ke-7

Saya pertama mengetahui keberadaan aplikasi PRIMA (Program IDAI untuk Membangun Anak Indonesia) ini dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) ini melalui teman-teman blogger yang diundang saat peluncurannya. Kemudian saya pun menyimak pengenalan aplikasi ini oleh dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A.(K), MPH., salah satu dokter dari IDAI yang mencetuskan ide lahirnya aplikasi tersebut, dalam Seminar Imunisasi yang diadakan oleh Rumah Vaksin pusat tahun lalu.

Baca juga: Seminar Sehari All About Vaccination

Baca juga: Aplikasi PRIMA untuk Generasi Prima

Aplikasi ini bisa diunduh melalui https://play.google.com/store/apps/details?id=com.prima&hl=in. Sebelum bisa menggunakan, kita diminta untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Di awal, sudah disertakan penjelasan dan disclaimer mengenai aplikasi tersebut, jadi memang tambah yakin bahwa kualitas informasi di dalamnya tepercaya dan terjaga.

Kemudian menunya sendiri seperti screenshot pertama di atas, termasuk lengkap karena memuat jadwal imunisasi, grafik pertumbuhan sesuai standar WHO (yang memakai sampel anak-anak dari enam negara di dunia) maupun CDC, tahapan perkembangan anak sesuai usia berikut cara stimulasi serta catatan hal apa saja yang menjadi tanda bahaya. Menu kuesioner kunjungan ke dokter sangat membantu karena biasanya ketika ke dokter orangtua malah jadi blank ya, bingung apa yang mau ditanyakan dan diceritakan, sementara anak juga rewel, padahal dari cerita orangtualah dokter bisa menggali sebab musabab dan proses perjalanan penyakit atau cidera yang dialami, dan bisa mengarahkan ke penanganan yang lebih tepat.

Tersedia pula materi edukasi yang menjadi bahan bacaan bergizi untuk orangtua, agar tak luput mencermati hal-hal kecil sehari-hari, sebab bagaimana pun, orangtua adalah ‘dokter pertama’ yang selalu membersamai anak, kan? Di bagian bawah ada menu Skrining yang berisi pertanyaan seputar medis (apakah anak sering sesak napas, mudah lelah, apakah orangtua kesulitan menyediakan makanan bergizi, apakah orangtua punya kekhawatiran tertentu) maupun perkembangan yang berupa Kuesioner Praskrining Perkembangan Anak (KPSP).

#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s