Belajar tentang Pelaksanaan Haji dan Kurban Melalui Buku

Dekat-dekat hari raya Idul Adha begini, rasanya tepat jika kita mengajak anak-anak untuk belajar lebih jauh mengenai pelaksanaan ibadah haji dan kurban. Kedua ibadah ini pelaksanaannya memang terikat oleh waktu, dan puncaknya adalah hari raya Idul Adha yang tahun ini ditetapkan oleh pemerintah RI jatuh pada tanggal 22 Agustus 2018.

Salah satu media yang biasa kami pakai untuk mendampingi anak-anak belajar adalah buku. Tentunya lebih enak kalau menggunakan buku yang memang ditujukan untuk anak-anak, ya, karena materi dan penyampaiannya sudah disesuaikan dengan usia mereka.

Sekitar dua tahun yang lalu, kami membeli buku Little Muslims Workbook: Haji & Qurban ini. Sebelumnya, kami sudah memiliki buku sejenis, tetapi buku buatan pasangan suami istri Yanuar Rahman dan Devi Azhar yang mengusung nama Familia Kreativa ini menurut saya lebih menarik dari segi tampilannya. Oh ya, menyusul kemudian terbit juga seri Little Muslims Workbook yang lain, yaitu seri Shaum & Zakat serta Syahadat & Shalat. Di web Familia Kreativa juga ada printables yang edukatif sekaligus menggemaskan yang bertambah terus koleksinya, lho…

Buku terbitan Ihsan Media ini cukup tipis, hanya terdiri atas 24 halaman berwarna. Harganya pun murah, Rp25.000,00 saja. Namun kontennya cukup padat, dengan aktivitas-aktivitas seru terkait ibadah haji dan kurban yang bisa dikerjakan oleh anak-anak khususnya usia 4 s.d. 7 tahun, sebagaimana disebutkan di sampul belakangnya.

Dengan buku Little Muslims Workbook: Haji & Qurban ini anak bisa belajar mencari perbedaan ataupun persamaan, menghitung, menulis, menghubungkan titik-titik, mewarnai, dan mencari jalan (maze). Orangtua juga bisa mengajak anak melantunkan kalimat talbiyah maupun takbir bersama. Urut-urutan tatacara ibadah haji pun ditampilkan dengan ilustrasi yang mudah dipahami.

Berawal dari aktivitas yang dikerjakan, anak mungkin akan bertanya lebih jauh mengenai ibadah haji dan kurban itu sendiri. Siap-siap ,deh, memenuhi rasa ingin tahu mereka :). Jadi, buku ini bisa menjadi salah satu pemicu kita belajar lagi mendalami agama juga, ‘kan.

2 thoughts on “Belajar tentang Pelaksanaan Haji dan Kurban Melalui Buku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s