Nyaman dan Asyiknya bermain di Playground fx Sudirman

Kami sekeluarga jarang pergi ke mall. Kalau sampai ke mall, biasanya karena ada undangan dari teman (syukuran, perpisahan, atau kopdar komunitas) atau keluarga besar yang mengajak jalan-jalan. Saya dan suami juga nonton berdua sih kadang-kadang. Nah, tahun lalu saya mulai aktif di The Urban Mama (TUM) setelah sebelumnya lebih banyak menjadi pembaca saja. TUM seringkali mengadakan kegiatan semacam seminar, bincang santai atau workshop yang temanya menarik perhatian saya. Jadilah saya mendaftarkan diri, dan ternyata banyak di antara acara tersebut yang diselenggarakan di fx Sudirman.

Pertama kalinya saya menginjakkan kaki ke dalam mall ini ya dalam rangka mengikuti acara TUM. Tepatnya untuk acara Pink Class #TUMMeTime yang mengangkat tema All About Kesehatan Kewanitaan. Kegiatannya digelar di food court Eat & Eat, lantai f5, dan saya tiba agak terlalu pagi waktu itu. Jadilah saya berkeliling…dan menemukan playground yang lucu di lantai yang sama! Wah, tahu gitu, tadi ajak anak-anak, ya. Tapi belum tahu juga sih sistem pemakaiannya bagaimana.

Saya mulai mencari tahu informasi tentang tempat bermain anak ini di internet. Ternyata gratis lho, alias tidak dipungut biaya jika mau bermain di situ. Tidak ada karcis masuk ataupun tanda sejenis. Sepertinya sistemnya mandiri ya, jadi tidak ada petugas penjaga juga. Maka orangtua, pengasuh, atau keluarga juga harus tetap mendampingi dan mengawasi selama anak-anak main di situ. Kalau sedang ada acara di panggung atrium, dari playground bisa ikut simak juga, entah itu sajian musik ataupun workshop/seminar. Sip, bisa ajak anak-anak nih kali berikutnya.

Variasi mainannya cukup banyak, mulai dari ayunan, perosotan, panjat-panjatan, sampai kuda-kudaan. Kondisinya bersih dan rapi. Cocok lah untuk digunakan oleh anak-anak pengunjung mall. Kalau baca-baca sih, konon dulu playground ini berbayar, juga ada sarana permainan lainnya (terlihat dari penanda rel kereta di lantai tersebut).


Yang bikin tambah nyaman, lokasi toilet dekat juga dengan playground ini. Bersih dan wangi tentunya, dengan petugas kebersihan yang sigap dan ramah.

Tersedia pula nursery room, dengan dua bilik menyusui dan tempat mengganti popok bayi, dilengkapi produk perawatan bayi yang bebas digunakan. Dulunya nursery room ini adalah toilet anak-anak, makanya wastafel, dispenser sabun, dan pengering tangan di dalamnya juga dirancang rendah.


Nggak sampai bikin kami menyengaja ke situ sekadar buat main atau belanja, sih, soalnya jaraknya lumayan juga dari rumah. Tapi, bersyukur ada fasilitas ini karena jadinya saya bisa mengajak anak-anak bersama ayah atau pengasuh mereka kalau saya sedang ada acara di fx (selain TUM, Orami juga beberapa kali mengadakan seminar yang diistilahkan dengan arisan). Saya tenang ikut acara, anak-anak juga senang karena ikut jalan-jalan dan bisa main sepuasnya.

Daan yang bikin tambah hepi adalaaah, bulan lalu ketika saya ke sana lagi, ternyata salah satu gerai di dekat playground sudah beralih rupa menjadi mushalla! Jadi, tidak perlu lagi turun ke lantai lain untuk sholat. Kalau baca-baca ada beberapa situs yang menyatakan bahwa di tiap lantai fX ada mushalla, tapi ketika saya ke sini awal tahun dan bertanya pada petugas di lantai 5 tentang keberadaan tempat sholat, saya diarahkan ke lantai 4. Seorang teman pun sempat bilang ikut senang di lantai 5 sekarang ada mushalla, berarti bukan cuma saya yang merasa mushalla ini baru ada di lantai yang sama dengan Eat & eat. Atau dulu pernah ada, lalu ditutup, lalu dibuka lagi? Perlu ngobrol sama orang sana mungkin kalau ke sana lagi :D.

Tempat sholat dan wudhu laki-laki dan perempuan dipisah. Di antara tempat wudhu dan ruang sholat, disediakan cermin yang dikelilingi lampu yang mempermudah kalau mau membenahi jilbab atau berdandan usai sholat. Bikin tambah betah, yaa….

#ODOPOKT11

Tulisan ini diikutsertakan dalam program One Day One Post Blogger Muslimah.

4 thoughts on “Nyaman dan Asyiknya bermain di Playground fx Sudirman

    • Nah, kayaknya waktu keliling iseng sambil nunggu itu (sekilas aja sih) nggak lihat wahana bermain anak, Mbak (selain playground ini). Coba nanti kalau ada acara ke sana lagi aku tanya, ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s