Playdate dengan Pemadam Kebakaran, Seru dan Tambah Ilmu

Pemadam kebakaran itu tugasnya ngapain aja, sih? Kalau di film-film atau bacaan kan kita sering, ya, melihat bahwa pekerjaan para petugas pemadam kebakaran itu ternyata beragam, bukan semata menangani si jago merah yang mengamuk. Tanggal 27 lalu, saya dan keluarga mendapatkan penjelasan langsung dari para petugas kebakaran bahwa ada juga warga yang memanggil mereka untuk menolong ketika ada hewan liar seperti lebah atau ular yang masuk rumah, bahkan ada yang minta tolong dipotongkan cincinnya yang sudah terlalu sempit dipakai.

Ya, hari itu kami mengikuti Playdate Fire Rescue bersama @temanmainid di Sudin Pemadam Kebakaran Jakarta Timur, kawasan Matraman. Kalau selama ini cuma lewat-lewat saja di depan gedung kantornya (biasanya kalau mau ke Gramedia, nih), kali itu kami bisa masuk ke dalam, bahkan diajak ikut berkeliling dengan mobil pemadam kebakaran, lho.

Pak Ahmad dan tim dari Pemadam Kebakaran Jakarta Timur menyambut peserta setelah acara dibuka oleh kak Miranti dari Teman Main. Pak Ahmad menjelaskan beberapa hal terkait tugas dan pernak-pernik pemadam kebakaran.

Tugas pemadam kebakaran:
1. Pencegahan sejak dini agar tidak terjadi kebakaran, misalnya dengan edukasi.
2. Pemadaman jika sudah terjadi kebakaran.
3. Penyelamatan korban.

Nah, apa sih yang menjadi penyebab kebakaran? Tentunya kebakaran tidak terjadi begitu saja. Kebakaran akan terjadi ketika ada:
1. api yang tidak bisa dikendalikan (sekecil apa pun)
2. bahan yang mudah terbakar
3. udara yang mengandung oksigen.

Penyebab api bisa dari main petasan, juga dari listrik seperti ketika sedang menyeterika, mengisi daya ponsel sambil dipakai ponselnya, knalpot motor yang panas, mobil yang dalam keadaan masih panas dimasukkan ke garasi yang sempit, dll.

Jika telanjur ada api, yang benar adalah segera tutup dengan menggunakan kain (selimut, keset, handuk, atau sejenisnya) yang dibasahi, untuk mencegah api menyebar dan semakin besar.

Bukan hanya apinya, tetapi asapnya juga berbahaya. Meski berjarak dengan apinya langsung, orang yang berada di sekitar bisa sesak napas karena asapnya. Itu mengapa sebaiknya segera menjauh saja sebisanya jika terjadi kebakaran. Jika berada di dalam rumah, segera keluar, bukannya bersembunyi di kamar mandi dengan asumsi di sana ada air, karena khawatir justru terperangkap dengan asap yang tebal.

Petugas pemadam kebakaran harus melengkapi dirinya dengan alat pelindung diri yang dipakai secara benar, termasuk harus dikancingkan dengan baik. Ada macam-macam lho tipe baju pemadam kebakaran ini, disesuaikan dengan medan dan kondisinya.

Usai menyimak penjelasan, peserta diajak membuat topi petugas pemadam kebakaran dan mewarnai gambar dari printables Familia Kreativa. Mau bikin juga? Bisa lho unduh sendiri di sini.

Nah, setelah itu, saatnya berkeliling pakai mobil, nih. Karena sudah sempat ikut naik mobil sebelum acara dimulai (gara-gara kami datangnya kepagian), saya memilih tidak ikut jalan. Anak-anak cukup ditemani oleh suami. Seru, sih, memang, bahkan orang dewasa pun ikut menikmati.

Mendung menggelayut seharian itu, bahkan gerimis sudah sempat turun. Namun cuaca ini tidak membuat peserta urung mengikuti rangkaian kegiatan berikutnya: main air!

Mula-mula, para peserta cilik secara bergantian mencoba menyemprotkan air dari selang dengan bantuan petugas. Dipinjami baju dan helm petugas pemadam kebakaran dalam ukuran anak-anak juga, lho.

Setelahnya, nah, ini, nih. Petugas menawarkan untuk main air yang disemprotkan dari selang secara vertikal, jadi ala ala mandi hujan gitu. Seruuuu!

Itulah kenapa panitia dari awal sudah berpesan untuk membawa baju ganti dan handuk, hehehe. Benar-benar pengalaman yang sayang dilewatkan! Setelah berganti baju, acara masih lanjut dengan penyuluhan dan demo menangani api. Harapannya sih, peserta mendapat gambaran apa yang perlu dilakukan untuk menangani kebakaran (walaupun naudzubillahi mindzalik sampai kejadian, ya…).

Pulangnya, peserta dioleh-olehin buku komik mengenai penanganan api.

Terima kasih untuk kak Miranti, kak Helena, dan kak Harty dari Teman Main atas playdate serunya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s