Jurnal Ulat-ulat 2 Bunda Cekatan: Sajian Audio-Visual

Pekan ini ada tantangan baru lagi. Mahasiswi Bunda Cekatan Institut Ibu Profesional diminta untuk menyajikan potluck dalam bentuk rekaman audio ataupun audio-visual. Tentu saja saya sempat mengkeret. Bicara, apalagi di depan umum, bukanlah sesuatu yang saya banget. Namun, mungkin inilah jalannya ya agar bisa mempelajari hal baru lagi. Apalagi, sesungguhnya public speaking memang merupakan salah satu hal yang saya sebutkan perlu untuk dipelajari dalam tugas kelas Bunda Cekatan tahap sebelumnya.

Jadilah selain mempelajari ulang hal yang ingin saya bagikan dalam video tersebut, saya juga belajar menaklukkan rasa grogi, belajar menyunting video secara singkat, juga belajar menguasai aplikasi terkait yang diperlukan untuk itu. Alhamdulillah banyak teman di grup yang dengan baik hati berbagi ilmu seputar hal tersebut. Ada yang mengajari bagaimana membuat podcast, ada pula yang menunjukkan beragam aplikasi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan (dan ketersediaan sarana di rumah). Pada akhirnya, karena kondisi yang sedang kurang memungkinkan, saya tetap memilih format audio saja.

Sajian saya sudah disetor di pos blog sebelumnya. Kemudian, inilah yang sudah saya pelajari pekan ini.

Manajemen waktu dan fiqh prioritas saya dapatkan dari potluck sajian teman-teman pekan lalu. Pembuatan artikel saya pelajari dari sebuah kulwap. Sabtu kemarin juga ada kajian orang tua murid di sekolah Fathia yang membuat saya belajar beberapa hal baru, seperti ilmu memeluk anak. Kulwap lain yang saya ikuti adalah kulwap mewarnai. Terkesan sederhana, tetapi sesungguhnya menantang bagi saya yang kurang telaten soal tampilan visual. Kulwap mewarnai ini juga sekaligus menjadi bahan obrolan seru bersama anak-anak.

Decluttering menjadi salah satu tema utama dalam materi Kelas Ulat-ulat kedua ini, di mana kami menyimak paparan dari mbak Khoirun Nikmah, salah satu pendiri Gemar Rapi yang juga mahasiswi kelas Bunda Sayang. Materi ini sekaligus jadi saya praktikkan karena situasi menjelang pindahan rumah dalam waktu dekat.

 

#Janganlupabahagia
#Jurnalminggu2
#Materi2
#Kelasulat
#Bundacekatan
#Buncekbatch1
#BuncekIIP
#Institutibuprofesional

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s