Tantangan Level 8 (Mendidik Anak Cerdas Finansial Sejak Dini) Hari 10

Tantangan Level 8 Kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional — Mendidik Anak Cerdas Finansial Sejak Dini, Hari 10, 23 September 2017

Esok hari, Fathia genap berusia 6 tahun. Tentu ia sempat melontarkan keinginan diadakannya pesta perayaan ulang tahun. Tapi karena memang sejak awal kami belum pernah bikin perayaan dengan mengundang tamu, maksimal hanya berbagi makanan untuk tetangga, maka Fathia juga tidak sampai ingin dibuatkan pesta yang meriah. Meski beberapa kali kami pernah menghadiri pesta ulang tahun anak tetangga, tapi rupanya keseruan pesta tersebut tak sampai menjadi acuan baginya.

Yang bikin sedih itu malah ketika Fathia menyebutkan keinginan agar eyang utinya datang. Beberapa kali memang eyang utinya kebetulan sedang ada di rumah ketika anak-anak berulang tahun (biasanya karena bertepatan dengan agenda hajatan keluarga besar), jadi kenangan dibuatkan nasi tumpeng dan puding dekoratif nan cantik rupanya begitu melekat. Juga kehadiran beberapa saudara eyang (pakdhe/budhe/om/tante saya) yang menyempatkan mampir tepat pada hari ulang tahun (walaupun kami tidak secara khusus mengundang) sekalian mengunjungi mama yang lagi di Jakarta, ramainya sanak saudara berkunjung membuat Fathia ingin momen tersebut terulang lagi.

Kenapa tidak membuat pesta untuk ulang tahun anak-anak? Alasan kami mungkin belum bisa seidealis bahwa perayaan ulang tahun itu tidak ada tuntunannya dalam Islam, karena meski memang ingin ke arah sana, tapi masih tebersit rasa ingin ada kenang-kenangan sekadar foto bersama di depan kue/nasi tumpeng saat bilangan angka usia anak-anak bertambah.

Alasan berikutnya mungkin cukup jelas ya, untuk menghemat biaya juga. Kalau lagi ada rezekinya ya bagi-bagi makanan untuk tetangga, tapi kadang rasanya malah jadi takut membebani bahwa tetangga jadi harus membalas dengan hadiah, hehehe. Itu sih saya aja kali ya, yang kalau dapat hantaran atau undangan ultah anak tetangga jadi sibuk nyari kado. Sekolah Fathia pun punya aturan tidak ada perayaan ulang tahun di sekolah, selama setahun sekolah juga belum pernah ada undangan ultah teman sekolahnya.

Apa hubungannya dengan tugas Level 8 Kelas Bunda Sayang IIP? Mungkin agak maksa :D, tapi saya rasa urusan perayaan ulang tahun yang bisa menghabiskan dana cukup banyak ini memang perlu dijelaskan juga ke anak-anak. Ada hal-hal lain yang perlu mendapat prioritas lebih. Termasuk ketidakhadiran keluarga besar, ini bukan berarti beliau-beliau tidak mendoakan. Hanya saja memang eyang tidak bisa setiap saat berkunjung menengok para cucu.

Tanpa kemeriahan pesta, bukan berarti hari tersebut tidak spesial, karena pada tanggal istimewa tersebut kami sekeluarga juga sekaligus mengingat kembali dengan penuh rasa syukur, betapa pada tanggal tersebut sekian tahun yang lalu, Allah menghadiahi kami bidadari-bidadari mungil nan cantik. Berubahnya bilangan tahun usia mereka juga sekaligus menjadi pengingat bagi kami bahwa waktu terus berjalan, kami sebagai orang tua harus terus berpacu mengejar ketertinggalan, agar kelak saat dimintai pertanggungjawaban kami cukup siap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s