Tantangan Level 8 (Mendidik Anak Cerdas Finansial Sejak Dini) Hari 11

Tantangan Level 8 Kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional — Mendidik Anak Cerdas Finansial Sejak Dini, Hari 11, 24 September 2017

Setelah sejak pagi sibuk dengan ‘perayaan’ ultah Fathia (walaupun hanya tumpeng nasi kuning dan puding) dan jalan-jalan ke Taman Suropati, malamnya, saya bacakan buku baru untuk anak-anak. Sengaja saya pilihkan buku berjudul Aku Cerdas Mengelola Uang karya mba Watiek Ideo dan Fitri Restiana. Dalam buku tersebut terdapat 10 judul cerita pendek terkait cara memperoleh, mengelola, maupun membelanjakan uang, disertai dengan ilustrasi menarik. Semuanya menampilkan kisah sehari-hari dalam kehidupan anak-anak terkait, sehingga terasa dekat dan akrab.

Cerita pertama adalah Ria dan Ikan Hias yang mencontohkan bagaimana sesuatu yang diperoleh dari tabungan sendiri akan lebih terasa berharga dan menyenangkan. Sedangkan Buku Tulis Keren mengajak anak-anak mendaur ulang barang yang masih bisa digunakan kembali, alih-alih selalu membeli yang baru. Itu Tidak Terlalu Penting bikin senyum-senyum sendiri karena saya jadi terbayang penolakan serupa yang adakalanya saya ucapkan ke anak-anak saat mereka meminta sesuatu yang tidak mereka perlukan. Judul selanjutnya, Piano dan Suling Impian mengingatkan bahwa ketika sejumlah anak tinggal minta tambahan uang ke orangtua jika ada keperluan sekolah yang tidak terlalu genting, di sisi lain ada juga orangtua yang berupaya mendidik anak dengan menegaskan bahwa uang tambahan bisa diperoleh hanya dengan usaha lebih. Membantu kakak berjualan kue, misalnya. Kegiatan berjualan pernah juga dijalani oleh suami semasa kecil, tepatnya berjualan ayam potong yang disembelih orangtuanya ke guru-guru sekolah.

Nah, belajar membedakan keinginan dengan kebutuhan sudah, diingatkan lagi soal menabung juga sudah, bagaimana dengan berbagi? Cerita kelima yang berjudul Denis Hilang menggarisbawahi bahwa hemat boleh, tapi jangan pelit. Dan berbagi paling dekat tentu untuk keluarga kita sendiri terlebih dahulu, selama memang memungkinkan dan tidak berdampak negatif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s