Tantangan Level 7 (Semua Anak Adalah Bintang) Hari 13

Tantangan Level 7 Kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional — Semua Anak Adalah Bintang, Hari 13, 30 Agustus 2017

Malam itu saya lebih banyak mengamati ketika anak-anak bermain bersama. Mulai dari masak-masakan, mobil-mobilan di miniatur kota, nonton Smart Hafiz bersama, main guru-guruan, dokter-dokteran dst. Ya, menakjubkan ya, betapa banyak permainan hanya dalam dua-tiga jam itu :D. Belum lagi sesi baca cerita, yang kali itu saya bacakan Ingin Dipuji (dari Seri 10 Akhlak Mulia karya mba Anisa Widiyarti yang tempo hari mengikuti acara yang sama dengan saya) dan Di Hotel (dari Seri Petualangan Seruku karya mba Aan Wulandari).

Ketika anak-anak bermain, saya sebetulnya ingin melihat bagaimana mereka mengatasi konflik. Terutama kalau menginginkan mainan yang sama, alias rebutan. Inginnya sih saya tidak perlu ikut campur ya, tapi kadang masih kelepasan juga, padahal mungkin kalau ditunggu (dengan sedikit arahan saja tanpa perlu saya memutuskan siapa yang berhak) bisa selesai juga. Tantangan untuk ibunya sebenarnya ini, ya. Ditambah lagi urusan membiasakan membereskan mainan yang menurut saya kemajuannya belum begitu terasa. Tapi bisa jadi ini juga karena saya masih banyak melontarkan ultimatum ketimbang telaten mengajak, jadinya kesadaran anak-anak juga belum sepenuhnya terbangun.

Sedangkan saat membaca buku, saya seperti biasa lebih banyak menceritakan ulang dengan bahasa yang lebih sederhana. Karena pesan moralnya adalah jangan suka pamer ataupun sombong, jadi saya contohkan juga hal lain terkait kedua sifat/perbuatan tersebut yang lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari.

 

#Tantangan10Hari

#Level7

#KuliahBunsayIIP

#BintangKeluarga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s