Ini Dia Bekal untuk Jadi Muslimah Cerdas Era Digital

Pengalaman sekali mengikuti kegiatan Meet-Up Blogger Muslimah membuat saya tak membuang waktu untuk segera mendaftarkan diri begitu penyelenggaraan acara dalam rangka milad ketiga Blogger Muslimah diumumkan. Bagaimana tidak, acara yang saya ikuti itu penuh dengan ilmu dan keseruan, materinya begitu padat bergizi, ditambah dengan hadiah-hadiah yang menarik untuk para peserta. Kali ini, event milad mengambil tema besar “Muslimah di Era Digital”, dengan materi Kepribadian Muslimah serta SEO Management. Alhamdulillah saya kebagian tempat di acara milad tersebut. Kabarnya, calon pesertanya membludak, lho.

Foto dulu sebelum mulai acara

Pagi itu, Ahad 10 Desember 2017, sebelum waktu berkumpul yang ditentukan saya sudah tiba di lokasi acara. Tepatnya di ruangan kerja Proxsis Consulting Group, sebuah grup konsultan manajemen terkemuka, di Gedung Permata Kuningan lantai 17, Jl. Kuningan Mulia, Kawasan Epicentrum Kuningan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan. Secara keseluruhan sih, ada sekitar 35 orang peserta maupun panitia yang hadir, termasuk pengisi acara.

Melihat tempatnya yang instagrammable, para peserta pun langsung cekrek cekrek dan mengunggah foto di ruangan tersebut. Saya pun sempat mengamati sejumlah piagam dan plakat penghargaan maupun kerja sama yang terpampang di ruangan depan. Jadi, Proxsis yang awalnya didirikan oleh pak Rudi Maulana ini adalah perusahaan yang bergerak di bidang training dan konsultasi, dengan pengalaman yang luas dalam hal mengembangkan, mengoptimalkan, dan mengimplementasikan berbagai sistem manajemen dan proses bisnis, termasuk sistem manajemen berbasis standar internasional. Klien bonafide-nya berderet, mulai dari Bank Indonesia, PT AHM, Garuda Indonesia, BPPT, Brawijaya, Cargil, Danone, Fergaco, Holcim, PT Angkasa Pura, BNI, CAT, BPOM RI, hingga Baker Hughes.

Selain di Jakarta, Proxsis Consulting Group yang didirikan oleh pak Rudy (sekaligus sebagai CEO-nya) di tahun 2005 ini juga telah memiliki cabang di Surabaya. Saya kutip dari wawancara pak Rudi di SWA, makna Proxsis adalah proses dan sistem dalam menjalankan manajemen perusahaan, karena konsultasi yang disediakan oleh Proxsis Consulting Group bertujuan untuk membantu bisnis-bisnis untuk meng-improve proses dan sistem manajemen. Berawal dari bisnis konsultan ISO (International Organization for Standardization), kini Proxsis punya sederet tawaran program konsultasi, di antaranya untuk bidang Business Process, Quality, Safety, Enviro, Energy, Asset, Project management, IT Governance, Risk, Compliance, hingga terkait IT products.

Mengamati deretan prestasi Proxsis

Beranjak ke ruangan dalam, tampak ruangan tersebut sudah dihias cantik untuk acara Milad Blogger Muslimah. Beberapa hadiah tampak terbungkus manis di meja. Hadiah inilah nanti yang akan ‘diperebutkan’ oleh para peserta, baik dalam aneka lomba maupun door prize. Namun, hadiah bukan hanya disediakan oleh panitia untuk peserta yang berprestasi atau beruntung saja. Seluruh peserta yang hadir juga mendapatkan goodie bag saat registrasi. Isinya? Buku tentang bijak bermedia sosial terbitan Kementerian Komunikasi dan Informatika, pin Blogger Muslimah, bandana rajut dari Hana Mozlima, bros dan gantungan kunci, paket pernak-pernik Proxsis (tas, notebook, bolpoin, tempat minum), daaann gamis Seply!

Bros dan gantungan kunci EvaldinArt di antara tumpukan hadiah

Bros dan gantungan kuncinya adalah persembahan dari EvaldinArt (IG: https://www.instagram.com/evaldin_art/), desainnya menawan dengan konsep simpel tapi tetap terlihat ‘wah’. Apalagi, saya dapat yang warna ungu, hehehe (selain satu lagi bros pita hijau dan gantungan kunci warna putih). Sedangkan bandana rajut dari Hana Mozlima (IG: https://instagram.com/hana.mozlima/) enak dipakai, tidak bikin kepala pusing, kerapatan rajutannya pas sehingga tidak licin sekaligus tetap breathable.

Berpose dengan gamis Gissel dari Seply – second brand dari Ethica

Untuk gamis Seply-nya, saya kebagian salah satu dress biru muda dari seri Gissel, tepatnya Gissel 27, dengan bahan kombinasi balotelli polos dan katun poplin print bunga-bunga. Seply ini adalah salah satu lini dari produk busana muslim Ethica. Lini Seply fokus pada produk untuk muslimah aktif dinamis berusia muda, dengan bahan yang enak dipakai dan desain yang ceria sekaligus bisa digunakan oleh ibu menyusui alias busui. Sebagian peserta ada yang mendapatkan gamis Gissel 13 dengan bahan katun kasiana mix katun salur. Saya cukup takjub dengan bahan yang digunakan, sebab sepengalaman saya, bahan balotelli biasanya cenderung kaku dan tidak ‘jatuh’, sedangkan gamis Gissel ini begitu lembut dan tidak gerah dipakainya, ‘jatuh’ tanpa membentuk badan. Koleksi Ethica, termasuk lini Seply, bisa diintip di facebook https://www.facebook.com/fashion.ethica/, IG https://instagram.com/ethica.id, twitter https://twitter.com/ethica_id, dan web ethica.id. Psst, kemarin lihat ada diskon lumayan besar lho di web resmi Ethica, dalam rangka Harbolnas alias Hari Belanja Online Nasional. Sampai akhir tahun, pula. Dengan harga normal pun sebanding sih sebetulnya kalau melihat bahan yang lembut di kulit, tidak gerah, sekaligus stylish dan apik jahitannya.

Uni Novia Syahidah memperkenalkan Muslimah

Membuka rangkaian acara di hari yang mendung tersebut, mbak Liswanti Pertiwi yang tetap bertindak selaku MC mempersilakan uni Novia Syahidah Rais memberikan sambutan untuk para peserta.

Uni Novia menjelaskan sejarah terbentuknya komunitas Blogger Muslimah. Tag line Blogger Muslimah yang berdiri pada tanggal 1 Desember 2014 ini adalah Membaca Dunia, Menulis Semesta. Artinya, apa yang kita tulis itu seharusnya jangkauannya lebih luas dari apa yang kita baca. Apa yang kita baca seharusnya menghasilkan tulisan yang lebih luas lagi. Blogger Muslimah punya kegiatan rutin seperti Postingan Tematik (PosTem), One Day One Post (ODOP. ODOP dan PosTem ini diadakan bergantian setiap bulannya), sesi sharing Kepribadian Muslimah di grup Facebook yang diisi oleh mba Ratih Sophie Azizah, kemudian juga kegiatan offline seperti Edu-Visit (misalnya ke redaksi Majalah Ummi dan produsen tas Heejou) dan Meet-Up/Workshop. Di website Blogger Muslimah juga sudah ada yang baru lho, yaitu kehadiran ikon animasi bernama ‘Muslimah’ yang siap menyambut para pengunjung.

Mas Aditya Akila Pramoudya, Key Account Manager and Business Development Proxsis turut menyapa blogger muslimah yang hadir. Disampaikan oleh mas Adit bahwa Proxsis senang bisa bekerja sama dengan komunitas dengan banyak nilai positif seperti Blogger Muslimah. Mengingat dunia maya juga menyimpan potensi bahaya, kegiatan positif ini tentu mendapatkan dukungan sepenuhnya dari Proxsis. Daripada menebar hoax, kan?

Informasi lebih lanjut tentang Proxsis bisa diakses di facebook https://www.facebook.com/ProxsisGroup/, IG: https://www.instagram.com/proxsisconsulting/, twitter https://twitter.com/PROXSIS, dan web proxsisgroup.com.

Sejenak para peserta menikmati coffee break, kemudian acara berlanjut. Beranjak ke materi pertama, mbak Ratih Sophie Azizah, seorang Human Resources Generalist, sudah siap memaparkan tentang Kepribadian Muslimah yang dikerucutkan lagi ke tema “Recognizing ourselves and others”.

Mbak Ratih yang biasanya mengisi sharing session rutin di grup fb Blogger Muslimah kali ini secara langsung menjelaskan bagaimana agar level kepribadian kita meningkat, ke arah yang positif tentunya. Kata mbak Ratih, mengenali kepribadian diri sendiri itu perlu lho, untuk memudahkan komunikasi dengan orang di sekitar.

Salah satu tool yang bisa dipakai adalah pengkategorian kepribadian menjadi empat tipe yang disingkat menjadi DISC: dominance, compliance, steadiness, dan influence. DISC bermanfaat untuk mengenali karakter perilaku dan kepribadian seseorang, awalnya dari masa Yunani kuno. Dulu metode ini pernah digunakan untuk merekrut para tentara di AS di masa perang dunia, lalu meluas dipakai di perusahaan-perusahaan untuk perekrutan dan pengembangan karyawannya.

Agar mudah diingat, bahasa Indonesia-nya adalah Dominan, Intim, Stabil, Cermat.

Untuk keyword-nya:

D: tegas

I: komunikasi

S: loyal

C: perfeksionis.

Sejumlah tokoh dunia yang memiliki kepribadian tertentu juga disajikan oleh mbak Ratih sebagai contoh konkret. Contoh tokoh dengan kepribadian D adalah Margaret Thatcher, untuk I adalah John F Kennedy, S adalah Barack Obama, dan C adalah Albert Einstein.

Manfaat mengenali kepribadian seperti melalui tool DISC adalah:

1. Understanding, mengerti kenapa seseorang melakukan hal yang dilakukannya, walaupun menurut kita aneh.

2. Recognizing, mengenali agar bisa mempelajari pendekatan mana yang tepat, memprediksi seseorang dengan tipe tertentu harus melakukan apa.

3. Adapting, agar kita bisa membuat penyesuaian sesuai tipe seseorang.

4. Appreciating the difference, adanya perbedaan gaya kepribadian itu justru membuat kita belajar untuk lebih bersinergi, bukan untuk saling menjauhi.

Menjadi Muslimah di Era Digital memang banyak tantangannya, jadi mbak Ratih mengingatkan untuk selalu:

1. Jangan latah, ikuti perkembangan teknologi tetapi jangan menjadi korban. Tidak semua tentang keduniamayaan ini sesuai dengan diri kita sebagai muslimah, jadi kita harus pandai memilah dan memilih.

QS Al Baqarah 148: Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan.”

Belajar dari filosofi ikan di laut yang tetap tawar rasanya meski dikelilingi air asin. Pegang teguh identitas kita sebagai muslimah, terutama di era digital ini.

2. Berhati-hati memilih teman dan tempat bersosialisasi. Ada haditsnya.

Bukan berarti mengkotak-kotakkan. Boleh membaur tapi jangan melebur. Harus selektif, pilihlah komunitas yang membuat kita semakin dekat pada Allah swt.

3. Berhati-hatilah dengan pikiran kita. Sibukkanlah pikiran kita dengan hal-hal yang baik, karena jika tidak maka akan ada hal buruk yang sempat menyusup dan membuat perasaan kita terganggu.

4. Berserah diri kepada Allah swt., Yang Maha Melindungi.

Mbak Ratih kemudian membagikan kuesioner yang bisa diisi oleh para peserta. Dari jumlah jawaban pilihan ganda atas pertanyaan yang tercantum, para peserta bisa melakukan assessment sederhana (kalau yang aslinya, pertanyaannya jauh lebih banyak) atas tipe kepribadiannya masing-masing. Meski mungkin ada beberapa yang memiliki lebih dari satu kepribadian utama, tetapi biasanya tetap ada yang paling menonjol dibandingkan dengan tipe kepribadian lainnya.

Karena hari beranjak siang, kegiatan pun break sebentar untuk memberikan kesempatan makan siang dan sholat Dzuhur. Panitia telah menyediakan makan siang berupa nasi kotak Ayam Bahagia. Namanya unik, ya. Restoran Ayam Bahagia ini berawal dari Resto Minang Bahagia di Kota Medan. Resep khasnya sudah bertahan hingga tiga generasi. Meski masih tetap mengusung sajian utama masakan khas Padang, tetapi Ayam Bahagia merupakan pengembangan yang memiliki konsep lebih simpel dan modern. Hingga kini telah ada beberapa cabang Resto Ayam Bahagia, di antaranya di Jakarta, Bekasi, Depok, dan Cibubur. Restoran ini memiliki misi memberikan kualitas menu yang baik dengan mempertahankan cita rasa kuliner nusantara khas Ayam Bahagia, memberikan pelayanan yang SMART (Sigap, Menarik, Antusias, Ramah, dan Teliti), menghadirkan suasana kerja yang “Kompak” dan “Bahagia”, serta memberikan dine-in experience yang “Bahagia”. Namun bukan hanya dine-in sebenarnya, restoran Ayam Bahagia juga menyediakan paket nasi kotak.

Menu Resto Ayam Bahagia yang disajikan saat itu adalah nasi box dengan lauk ayam cabe ijo disandingkan dengan sayur asem yang segar, bakwan jagung, dan kerupuk renyah. Lezatnya jangan ditanya. Citarasanya kaya akan rempah-rempah dengan takaran yang pas hingga memuaskan selera. Selain ayam lado hijau, menu lain yang bisa dipesan di Restoran Ayam Bahagia adalah rendang bakar daging sapi, rendang bakar ayam, balado ayam bakar, lado mudo empal, kremes rempah ayam, kremes dendeng empal, maupun balado dendeng empal. Tertarik? Bisa datang langsung ke rumah makan yang memiliki jargon “Jagonya Kuliner Ayam Nusantara” ini yang terletak di Jl. Kelapa Kopyor Blok O1/12A, RT 17 RW 2, Kelapa Gading Timur, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Rumah makan Ayam Bahagia buka dari pukul 10.00 hingga 21.00. Atau bisa juga menghubungi nomor telepon 08111868900. Untuk medsosnya: FB: https://www.facebook.com/Ayam-Bahagia-297203337010979/, IG https://instagram.com/ayambahagia, twitter https://twitter.com/AyamBahagia, atau tengok website http://ayambahagia.com. (Btw ini nulisnya sambil kebayang-bayang kremes dendeng empal, hehehe)

Usai rehat, mbak Liswanti kembali memandu jalannya acara. Sesi berikutnya diisi oleh mas Riandi Rahmat atau biasa disapa dengan Coach Rian, SEO Specialist dari DigitalFinger.id (bagian dari Proxsis Consulting Group). Temanya tentang optimasi Search Engine Optimization atau SEO untuk blog. Topik ini sesuai dengan layanan yang disediakan oleh Digital Finger, yaitu web development, SEO, desain grafis, fotografi, social media marketing, hingga creative content writing. Jadi, Coach Rian dan timnya bukan sekadar paham teori, melainkan juga piawai mengaplikasikannya ke kasus-kasus nyata.

Jika aktivitas SEO tepat sasaran maka sebagai dampaknya situs web akan mudah ditemukan oleh calon konsumen. Khususnya bagi yang berjualan, entah itu barang maupun jasa (termasuk branding ya kalau sebagai penulis), SEO akan sangat bermanfaat menarik pengunjung, asal paham caranya. Hasil pencarian SEO = alami, tak berbayar, non-iklan, organik. Berbeda dengan Search Engine Marketing (SEM) yang berbayar.

Setiap cara optimasi punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang berbayar lebih cepat terindeks oleh Google, tetapi sifat SEO non-berbayar biasanya lebih permanen.

Dari Google Serp Heatmap, terlihat bahwa mayoritas klik pengguna akan banyak berada di separuh halaman pertama atas (upper fold). Jadi jika ingin mendapatkan lebih banyak pengunjung di blog kita, usahakan konten blog kita terindeks di bagian atas mesin pencari, dan untuk tujuan inilah kita mengejar SEO.

Perhatikan tampilan blog kita, jangan cuma fokus ke tampilan versi desktop karena orang sekarang cenderung membuka lewat gawai/ponsel. Jangan pula terjebak dengan tampilan meriah yang justru memperberat orang ketika membuka, memperbesar loading time dan membuat pengunjung kapok. Untuk menguji kecepatan website kita, bisa gunakan Google Page Speed Test. Segera lakukan perbaikan kalau skor di bawah 75. Website yang lebih cepat akan mendapatkan peringkat yang lebih baik di search engine. Hal yang memengaruhi kecepatan: kualitas hosting yang digunakan, jumlah file.

Yang harus dipersiapkan dan dilakukan untuk SEO:

1. Siapkan sebuah website yang akan dioptimasi. WordPress lebih disukai oleh Google.

2. Riset kata kunci, bisa pakai tool yang disediakan google yaitu Google keyword planner (adwords.google.com/home). Keyword planner ini juga bisa digunakan untuk beriklan/SEM. Tujuan riset ini, jangan sampai kita optimasi kata kunci tetapi di mesin pencari tidak tersedia kata itu.

3. SEO on Page, proses SEO yang hanya dilakukan di bagian internal situs web saja. Ini terdiri atas beberapa bagian, yakni title tags/meta tags, heading, struktur URL (jangan terlalu panjang), alt text gambar (save gambar dengan nama sesuai kata kuncinya), kecepatan loading page, konten situs web, dan internal link.

Kata Coach Rian, mungkin ada yang bertanya, saya mau optimasi untuk mesin pencari, kemapa malah disuruh fokus ke pengunjung? Ya karena jika konten kita bermanfaat maka pengunjung akan betah berlama-lama dan menaikkan juga posisi kita di hasil pencarian. Sebab mesin pencari bisa mengetahui apakah pengunjung puas atau tidak dengan halaman yang mereka kunjungi.

Yang memengaruhi kepuasan pengguna website: konten, keyword, judul, URL, meta description, media gambar, outbound link, internal link, social sharing, kecepatan website. Sertakan keyword yang populer dan tepat sasaran di konten, judul, URL, deskripsi.

Halaman web yang 100% berisi teks pasti sangat membosankan, maka gambar dan/atau video merupakan nilai tambah. Gunakan gambar yang berhubungan dan menjelaskan konten, pastikan resolusi sesuai dengan yang ditampilkan (bisa gunakan situs seperti Tinypng untuk mengecilkan ukuran tanpa membuat gambar pecah). Apabila menyertakan referensi berupa link ke website lain, link ke website yang reputasinya bagus dan relevan akan membuat reputasi konten kita jadi lebih baik.

Kalau bounce rate situs kita tinggi (di atas 50%), maka antara kualitas mengecewakan atau navigasinya sulit. Cepat benahi kalau hal ini terjadi. Kemudian untuk keperluan share, kalau bisa sudah tersedia tombol share ke media sosial agar orang yang mau berbagi tidak repot copy paste alamat laman kita. Manfaat social share ini bisa berupa tambahan pengunjung, branding (web lebih dikenal), faktor kepuasan bertambah tinggi, beberapa pengunjung mungkin akan memberikan backlink. Ini semua bisa berdampak juga ke peringkat website kita.

4. SEO off page: dilakukan di luar situs web kita (eksternal). Misalnya lewat medsos, link building, blog & forum posting.

 

Selain tips yang lebih mengarah pada aspek teknis, sesungguhnya kualitas dari konten atau isi blog kita sendiri juga memegang peranan penting. Sebab, tulisan yang bermanfaat tentu akan lebih berkesan di hati pembaca, bukan? Bahkan sesederhana memberikan manfaat berupa hiburan.

Mana yang lebih penting antara SEO off page atau SEO on page? Padukan saja sesuai keperluan.

Di akhir pemaparannya, Coach Rian menggarisbawahi, apa yang kita share di dunia maya khususnya di blog dapat menjadi bagian dari amal jariyah, ikhtiar kita untuk menambah tabungan akhirat. Jadi, biasakanlah share hal-hal yang positif dan jauhi hoax. Jangan lupa juga untuk terus berprasangka baik dan berserah diri kepada Allah swt, sebagaimana cerita tentang anak sekolah yang ia kisahkan kembali.

Menjelang akhir acara, diumumkan nama-nama para pemenang lomba maupun door prize. Saya memperoleh buku Sepotong Kata Cinta karya uni Novia Syahidah untuk pertanyaan kegiatan Blogger Muslimah.

Oh ya, para peserta dan panitia juga sempat berfoto bersama dengan kompak mengenakan gamis Seply, lho…

Sebagian hadiah untuk para peserta yang beruntung disediakan oleh Supertwin Shop. Toko online yang berdiri tanggal 22 September 2014 ini adalah milik mbak Aisya Avicenna (nama pena sih, ini), yang juga member komunitas Blogger Muslimah. Mbak Aisya yang merupakan seorang statistisi yang gemar berdagang ini sekarang tinggal di kota Depok.

Supertwin Shop memiliki jargon “Super in Everything“, artinya ingin selalu melakukan yang terbaik untuk para Sahabat Supertwin Shop (panggilan untuk pelanggan Supertwin Shop), baik dalam hal kualitas produk (Super in Product), kualitas layanan (Super in Service), maupun harga yang sesuai dengan standar kualitas (Super in Price). Supertwin Shop punya misi ingin selalu menghadirkan produk-produk berkualitas buatan dalam negeri, dan jumlahnya terus bertambah. Ini karena Supertwin Shop ingin mendukung produsen produk dalam negeri agar lebih berdaya di negeri sendiri. Waah, ma sya Allah, mulia sekali, yaa.

Pada awal berdirinya, Supertwin Shop menjual produk jaket, kemudian menyusul produk-produk keperluan muslimah lain seperti jas hujan, aneka hijab, buku, dan tas sampai sekarang. Saya sih paling tergoda oleh koleksi jaket ataupun blazer ala Korea yang terpampang di situsnya. Modis dengan tampilan yang tidak terlalu ramai, bisa dipakai hingga acara semi-resmi, sekaligus fungsional menjadi pelindung di hawa dingin atau saat beraktivitas outdoor. Harganya terjangkau, pula.

Beberapa akun medsos Supertwin Shop yang bisa diakses untuk melongok produk-produknya adalah:
1. Website : www.supertwinshop.com

2. IG toko : @supertwinshop
3. IG testimoni : @sahabatsupertwinshop
4. IG katalog : @jaketsupertwinshop, @jashujansupertwinshop, @hijabsupertwinshop
5. WhatsApp : 087800090037
6. Facebook / Fanpage  :  SupertwinShop
7. Youtube :  Supertwin Shop
8. Email :  supertwinshop@gmail.com.

Supertwin Shop ini jugalah yang menjadi tempat Blogger Muslimah memesan jaket seragam. Jaket BM berwarna ungu yang terkesan sporty tetapi tetap feminin pesanan saya tiba sekitar seminggu sebelum acara, dan tentu saja saya pakai ke acara milad. Bahannya nyaman dipakai, desainnya cakep, jahitannya juga rapi. Di foto di bawah ini, saya membelakangi kamera, berpose di sebelah mba Aisya yang mengenakan khimar warna dusty blue.

Salah satu produk yang juga tersedia di etalase Supertwin Shop dan turut menjadi sponsor Milad Ketiga Blogger Muslimah ini adalah Sheba. Sheba ini sudah saya kenal sebelumnya sebagai brand jas hujan muslimah yang cantik. Merk kreasi seorang ibu muda, mba Eka Rizki Indriyani ini menjadi pioneer di bidang jas hujan muslimah dengan model yang tampil beda, syar’i dengan gaya unik yang bisa disesuaikan dengan karakter pemakainya, sekaligus praktis dan ringkas untuk dibawa ke mana-mana mengikuti aktivitas pemiliknya, karena dilengkapi dengan tote bag di setiap pembelian. Secara umum sih polanya mirip coat (seri Queenzha) atau kimono (seri Barkhiya), tapi tersedia beragam variasinya sehingga tampil tidak serupa. Mau model yang anggun ada, manis ceria bergaya muda ada, ala ala formal dengan aksen batik ada, cenderung santai atau simpel pun ada, dengan ukuran yang pas pula, hingga berat badan 105 kg pun (saya lihat di IG-nya) muat lho. Serius, variasi model dan motif/paduan warnanya banyaakkk. Tidak seperti jas hujan muslimah lain yang cenderung polos saja.

Produk-produk Sheba tergolong limited edition, warna dan model jas hujan Sheba dibuat secara khusus sehingga tidak pasaran. Bahan yang dipakai adalah taslan yang tidak tembus air dan sudah di-sealing, sehingga pemakai akan mendapatkan perlindungan penuh kesungguhan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari saat hujan. Ya, saya sendiri pun punya pengalaman kurang enak dengan jas hujan muslimah lain yang ternyata tembus air di bagian sambungan jahitannya. Tentu jadi nggak nyaman dipakai kan ya. Dengan Sheba, bepergian di kala hujan jadi tetap aman dan nyaman. Gamis, rok, ataupun busana lain yang kita kenakan terlindung sampai bawah. Tudung atau hoodie-nya menjadi pelengkap agar jilbab atau khimar kita tetap terjaga, bahkan ada cadarnya juga untuk seri tertentu. Harga jas hujan muslimah Sheba memang tergolong agak lumayan, di atas 300 ribu rupiah, tetapi pastinya worth the quality, karena memang yang digunakan adalah bahan terbaik dan diproduksi dengan quality control yang ketat pula. Oh ya, meskipun punya slogan “Tetap Cantik Saat Hujan”, tetapi Sheba juga menyediakan tipe Ursyalim yang berupa jas hujan pria dan tipe Malca Kids untuk anak-anak. Yup, supaya suami atau saudara kita juga bisa merasakan sendiri mutu jempolan jas hujan Sheba, kan?

Ingin melihat koleksi jas hujan Sheba? Selengkapnya bisa cek di medsos sheba, yaitu IG https://www.instagram.com/sheba_id/, facebook https://www.facebook.com/JasHujanMuslimahSheba/, twitter https://twitter.com/Sheba_ID dan web www.sheba.id.

Mendung dan hujan di luar sana yang acapkali identik dengan suasana muram jelas tak menyurutkan semangat kami untuk mengikuti acara hingga usai. Tentunya, kami kian mantap melangkah dengan bekal yang sudah diberikan oleh Blogger Muslimah. Terima kasih, BM, panitia, para sponsor, dan teman-teman sesama peserta :).

 

*sumber dua foto terakhir: grup wa event milad Blogger Muslimah

5 thoughts on “Ini Dia Bekal untuk Jadi Muslimah Cerdas Era Digital

  1. Pingback: Dress Muslimah Stylish dan Nyaman Dipakai? Ethica Aja… | Leila's Blog

  2. Pingback: Belajar SEO, Sedikit Rumit tapi Asyik | Leila's Blog

  3. Pingback: Meriah Kontemplatif Milad Keempat Blogger Muslimah | Leila's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s