Segera: Ramadhan Seru bersama Hamzah dan Syifa!

Belum juga sempat menyusun strategi promosi yang lebih terarah untuk buku Pulang, tiba-tiba mba Agris, kapten Rumah Belajar Menulis Ibu Profesional Jakarta, sudah mengajak untuk ‘berlari’ lagi. Tetap nggak jauh-jauh dari membuat buku tentunya, sesuai nama rumah belajar kami (di Ibu Profesional tiap wilayah ada berbagai rumbel, tergantung minat dan keaktifan anggotanya). Namun, kali ini temanya jauh berbeda.

Buku Pulang, karya perdana Rumbel Menulis yang terbit Februari lalu merupakan antologi cerita pendek dengan benang merah sesuai judulnya, alias bertemakan ‘pulang’. Sedangkan yang hendak digarap kali ini adalah buku aktivitas anak. Wah, ini jenis buku anak yang sangat saya sukai sebenarnya. Saya selalu kagum dan penasaran, kok ada aja ya idenya orang bikin kids activity book begitu.

Alhamdulillah Allah swt berikan kesempatan sehingga saya bisa bergabung dalam tim editor RB Menulis untuk proyek ini, sebagaimana sebelumnya untuk buku Pulang. Tantangannya berbeda sih memang. Untuk antologi Pulang yang diedit adalah sejumlah cerpen, sedangkan untuk buku aktivitas Ramadhan yang awalnya diberi sebutan Jurnal Ramadhan Anak ini kontennya lebih beragam. Isinya ada:

* Aktivitas Ramadhan untuk menemani hari-hari si kecil seperti TTS tentang Rukun Iman, menelusuri maze, menempel stiker, ular tangga, juga membuat prakarya (do-it-yourself/DIY),

* Kisah Penuh Hikmah yang berisi cerita mini (cermin) dengan nilai-nilai Islami,

* Pojok Fakta “Kini Aku Tahu” dan Pengetahuan Dasar Islam yang menambah ilmu serta bisa dimanfaatkan untuk eksplorasi lebih lanjut mengenai materi terkait. Bisa buat bahan obrolan dengan anak-anak, nih, atau mungkin juga ada pengetahuan baru untuk ortu,

* Tabel Ibadah Ramadhan untuk memantau dan menyemangati anak beribadah. Yang ini ada miripnya ya dengan buku kegiatan zaman sekolah dulu, hehehe.

Baca juga: Ibu Profesional Kebanggaan Keluarga

Namanya juga buku keroyokan, banyak kepala, suara pun tidak selalu sama. Itu baru di tim inti, belum lagi ketika berkoordinasi dengan para kontributor, lantas berkomunikasi dengan penerbit. Menyesuaikan bahasa penyampaian dan materi untuk rentang usia yang disasar tidak selalu mudah. Di antara kontributor pun ada nama yang sudah tenar seperti mba Ifa Avianty. Coba, gemeter nggak saya ‘motong-motong’ tulisan beliau :D. Ya, karena jumlah karakter untuk cermin ini memang terbatas, akhirnya ada sejumlah cerita yang harus dipangkas. Adanya pojok fakta juga mewajibkan kami cek dan ricek sumber pustaka yang benar, agar tidak salah berbagi informasi.

Belum lagi urusan visual. Baru kali ini sih ada kesempatan menyimak proses ilustrasi atas tulisan saya walaupun hanya melalui whatsapp, di luar tulisan untuk kantor. Daann ternyata rumit juga, ya. Apalagi kalau sudah masuk ke urusan perpaduan warna. Yang ini kelewat mencolok, yang itu terlalu ‘biasa’ dan kurang menarik perhatian. Akhirnya warna biru dipilih untuk latar belakang sampul depan. Biru yang syahdu untuk Ramadhan yang kerapkali menerbitkan rasa baru, tetapi tetap ada unsur ceria khas anak-anak.

Kemudian untuk ilustrasi, yang dipakai adalah penggambaran makhluk hidup secara tidak sempurna untuk memenuhi ketentuan syar’i. Ketika satu dua halaman isi yang sudah jadi dikirimkan ke tim editor, ma sya Allah, begitu dibuka bikin jadi berbunga-bungaaa… Lalu menyusullah halaman-halaman berikutnya. Melihat ilustrasi untuk cermin yang saya buat, mengamati betapa detil gambar versi ilustrator untuk aktivitas yang saya rancang padahal aslinya cuma coret-coretan seadanya (sampai Fathia pun sempat salah tebak benda apa yang saya coba gambarkan, hahaha), wah, hati ini menghangat.

Alhamdulillah, setelah serangkaian tantangan dilalui, kini buku yang kami susun untuk target usia 4 s.d. 8 tahun tersebut sudah memasuki proses penyelesaian. In sya Allah akan segera dikirim ke para pemesan pada awal bulan depan, agar siap menemani sebelum Ramadhan datang. Total sudah ada 1750 eksemplar lebih pesanan lho.

Ketinggalan pesan di masa preorder kemarin? Masih bisa pesan, kok Klik di http://bit.ly/orderramadhanseru atau kirim pesan ke saya lewat IG @leila_niwanda juga bisa :).

Berikut spesifikasi lengkapnya:

🎏 Ramadhan Seru bersama Hamzah & Syifa 🎏📙 .

Ramadhan sebentar lagi tiba. Sampai di mana, nih, persiapannya? Bukan cuma diri kita pastinya, anak-anak juga perlu kita kenalkan pada kemuliaan bulan Ramadhan sejak dini, kita bangkitkan kecintaannya pada tuntunan Islam khususnya dalam menyambut bulan suci.

Nah, spesial untuk anak-anak, Rumah Belajar Menulis Ibu Profesional Jakarta punya buku yang asyik dengan tema Ramadhan.

Spesifikasi Buku:

Kertas HVS 80gr
6 Halaman stiker
86 Halaman
Ukuran 18×24 cm
Soft cover, isi full colour

Target usia: 4 s.d. 8 tahun

Penerbit: Hoopoe Indonesia

Harga: Rp72.000
Harga PO: Rp65.000 (tanggal 4-15 April 2018)

Diskon spesial mulai pembelian 5pc, 1 kg bs muat 3 buku 😍

 

Nah, nantinya bakal ada tantangan ini juga lho untuk para pembaca, lho. Sayang kalau dilewatkan ;). Duh, jadi tak sabar menanti bukunya ada di tangan, nih.

28 thoughts on “Segera: Ramadhan Seru bersama Hamzah dan Syifa!

  1. Assalamu’alaikum
    Saya Rahmi, berminat untuk buku ini. Bagaimana cara pesannya?
    Terima kasih.

  2. Barakalah mba Leila. Kmrn sempet ngeresellerin ini to krn udh mepet deadline jd ga ada yg mesen hehe.
    Hiks.. RBM aktif banget yaah.. jadi nyesel sangat ktinggalan oprec kemarin T.T pdhl sy nyariin org2 yg konsisten buat diajakin nulis buku, ternyata oh ternyata…

    • Kalau reseller masih bisa dengan harga khusus, Mba, lumayan lho :). Masih bisa pesan kok, walaupun jadinya tergantung cadangan yang dilebihkan RBM. Dan yang berubah harga kalau beli satuan aja. Semoga berkesempatan gabung ya, Mba.

  3. Jadi inget serunya pas bikin buku bareng2. Tp kalo aku dlu ada sesi bedah karya. Kalo masi ada yg gak sesuai, y penulisnya yg kudu revisi. Jd sama2 ngerti n bisa buat bekal dia lain kali. Editor ato koordinatornya jg gak terlalu terengah2

    Eniwei, bukunya lucu bgtz 😍 bagus buat anak2

  4. Pingback: Di Balik Layar Buku Ramadhan Seru | Leila's Blog

  5. Pingback: Yuk, Ikutan Selamatkan Bumi dari Sampah! | Leila's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s