Rekap Writober

Tuntas sudah sepuluh hari Writober Rumah Belajar Menulis (RBM) Ibu Profesional Jakarta saya lalui. Alhamdulillah bisa setor berurutan walaupun dengan waktu yang mepet sekali — hari terakhir saya setor adalah juga hari terakhir penyelenggaraan Writober. Program ini memang sangat menarik, terbukti banyak anggota RBM yang menyatakan senang dengan adanya dorongan untuk menulis sebanyak sepuluh hari dalam jangka waktu total sekitar 21 hari tersebut. Ada yang akhirnya menulis kembali di blog yang sudah lama berdebu karena ditinggalkan, ada juga yang dengan semangat membuat blog baru dari nol dengan segala tantangannya.

Saya sendiri terpikir untuk membuat tulisan-tulisan yang dihubungkan oleh suatu benang merah. Mumpung kata kuncinya sudah ditentukan di awal, gitu. Pilihan saya jatuh pada ulasan film. Sudah lama sekali saya tidak menuliskan ulasan atas film yang sudah saya tonton. Kesempatan Writober ini jadinya sekaligus ‘memaksa’ saya untuk punya catatan tertulis atas apa yang saya peroleh sehabis meyaksikan sebuah film. Tepatnya film-film yang saya saksikan selama periode Juli-Oktober ini. Ada beberapa film yang sudah saya lihat tetapi harus dieliminasi seperti Spider-Man: Far From Home dan Fast & Furious Presents: Hobbs & Shaw, karena jatahnya cuma sepuluh. Untuk bikin dua ulasan sekaligus dalam satu tulisan dan satu tema rasanya saya belum mampu, walaupun sempat ada ide untuk menggabungkan ulasan Twivortiare dan Wedding Agreement yang sama-sama bertema kehidupan rumah tangga.

Sukses? Hasil akhirnya agak ‘maksa’, sih, terus terang. Yang penting masih nyambung dengan kata kunci (tema, sebetulnya) yang ditentukan, itu saja. Mana ditulisnya sambil ngebut pula karena mengejar kewajiban melaporkan tautan secara harian, jadilah banyak tulisan yang setelah dibaca lagi kesannya masih menggantung atau baru setengah matang. Saya seperti biasa menggunakan trik yang masih dibolehkan yaitu setor setiap H+1 post blog-nya. Setidaknya mengurangi potensi ketiduran pada hari-H sampai tidak sempat setor hari itu juga. Yah, nanti kalau ada waktu sambil dibenahi lagi, lah, ya, tulisan ulasannya….

Berikut rekap setoran tulisan saya:

1. Mulai – Gundala

2. Jajan – 6,9 Detik

3. Mata – Hayya

4. Renjana – Twivortiare

5. Takut – Parasite

6. Kenapa? – Pretty Boys

7. Bulan – Wedding Agreement

8. Jingga – The Lion King

9. Lupa – Iqro: My Universe

10. Garis – Dua Garis Biru

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s